Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barito Putera Lengser dari Puncak Klasemen, Ini Komentar Jacksen

Barito Putera Lengser dari Puncak Klasemen, Ini Komentar Jacksen
Jacksen F. Tiago/Antara-Rosa Panggabean
Jacksen F. Tiago/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Barito Putera akhirnya lengser dari puncak klasemen sementara Liga 1 karena dikalahkan PS Tira dengan skor tipis 0-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Senin, 4 Juni 2018.

Barito Putera turun ke peringkat kedua, digeser PSM Makassar yang baru bermain seri 1-1 di kandang Persipura Jayapura. Sedangkan PS Tira, yang awalnya di peringkat ke-16, naik menjadi peringkat ke-10 berkat poin penuh atas Barito.

Pelatih kepala Barito Putera, Jacksen F. Thiago, mengakui persaingan pada musim Liga 1 kali ini sangatlah ketat. "Satu kemenangan saja bisa mempengaruhi signifikan peringkat di klasemen ini, karena tiap tim selisih poinnya tak berbeda jauh di Liga 1 ini," ujar Jacksen ketika ditemui seusai laga di Stadion Bantul.

Jacksen menilai selisih poin antartim peringkat paling bawah atau yang di peringkat ke-18 tak beda jauh dengan tim yang menduduki peringkat paling atas. Misalnya saat ini penghuni peringkat terbawah adalah PSIS Semarang dengan total poin 11, sedangkan peringkat teratas dikantongi PSM Makassar dengan total poin 21.

Jacksen menuturkan kesalahan kecil bisa membuat tim mengalami kekalahan. Ia pun melihat, saat melawan PS Tira, timnya juga tak seperti laga-laga sebelumnya. Semangat dan pola pikir bermain baru muncul pada babak kedua.

Ketatnya persaingan Liga 1 ini, menurut Jacksen, tak bisa dilepaskan dari perubahan regulasi yang dilakukan sejak musim kompetisi sebelumnya.

"Regulasi kemarin untuk U-23 membuat tim yang mungkin tidak begitu kuat dari aspek finansial tapi punya materi pemain muda kuat tetap bisa ikut bersaing," ujarnya.

Namun, menurut dia, harus diakui pula jika musim kompetisi kali ini tim yang punya finansial lebih kuat bisa membentuk tim yang lebih kuat lagi.

"Jadi musim ini bisa dibilang regulasinya cukup berimbang karena semua tim sama-sama keluarkan dana cukup besar untuk saling bersaing," kata Jacksen.

Jacksen tak setuju dengan anggapan bahwa Barito kalah oleh PS Tira karena sejumlah pemain andalannya absen akibat harus memperkuat tim nasional Indonesia.

"Kalau faktor beberapa pemain yang dipanggil timnas saya rasa tidak terlalu berpengaruh. Anda tahu Firli, Musafri, siapa yang meragukan kemampuan mereka. Kemampuan pemain sebenarnya sama," ujarnya.

Menurut Jacksen F. Tiago, pemain sebagus apa pun, kalau peran pemain yang lain dimatikan, juga tidak bisa berkembang dan hanya menghasilkan kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper