Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibuang Martinez, Radja Nainggolan Putuskan Pensiun dari Timnas Belgia

Radja Nainggolan mengakhiri karier internasionalnya setelah pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez tidak mengikut-sertakan gelandang AS Roma itu dalam skuadnya untuk Piala Dunia bulan depan di Rusia.
Radja Nainggolan/Reuters-Alessandro Garofalo
Radja Nainggolan/Reuters-Alessandro Garofalo

Bisnis.com, JAKARTA – Radja Nainggolan mengakhiri karier internasionalnya setelah pelatih Timnas Belgia Roberto Martinez tidak mengikut-sertakan gelandang AS Roma itu dalam skuadnya untuk Piala Dunia bulan depan di Rusia.

Meski sempat beberapa kali berselisih pada masa lalu, Martinez menegaskan bahwa ia mengambil keputusan yang tidak populer untuk kebaikan tim.

"Sangat enggan untuk mengakhiri karier internasional saya," tulis pemain 29 tahun Nainggolan dalam bahasa Inggris pada akun Instagramnya satu jam setelah Martinez mengumumkan bahwa sebelumnya ia telah menemui sang pemain secara pribadi di Roma.

Martinez mengatakan strategi menyerangnya sejak ia mengambil alih tim menyusul kekecewaan di Piala Eropa 2016 membuat tidak banyak peran yang dapat diberikan kepada Nainggolan, meski ia berandil besar dalam membawa Roma melaju ke semifinal Liga Champions tahun ini.

Sang pemain sendiri, yang juga mengumumkan rencananya untuk pensiun pada tahun lalu setelah Martinez mencoret dirinya, menganggap bahwa perselisihan pribadi sebagai sumber masalah.

"Saya selalu melakukan semua semampu saya untuk mewakili negara saya. Menjadi diri sendiri dapat mengganggu," ucapnya.

Dalam bahasa Belanda ia menulis, "Sayangnya, menjadi sesuatu yang NYATA tidak cukup untuk SEBAGIAN ORANG," sambil menambahi bahwa keputusan untuk pensiun dari timnas memberinya "rasa sakit di hatinya."

Martinez pada Senin memberikan kejutan dengan tidak mengumumkan skuad finalnya yang berisi 23 pemain seperti yang diharapkan, justru mendaftarkan 28 pemain yang akan kembali dipangkas pada 4 Juni, dua hari setelah pertandingan persabahatan melawan sesama tim peserta Piala Dunia Portugal di Brussel pada 2 Juni.

"Kami tahu bahwa Radja memiliki peran yang sangat penting di klubnya dan kami tidak memberinya peran itu di skuad kami," kata Martinez pada konferensi pers, mengakui peran kunci Nainggolan dalam laju Roma ke semifinal Liga Champions, namun mengatakan bahwa ia tidak dapat menawarinya peran serupa di tim Belgia "yang lebih menyerang."

Sang pelatih dan sang pemain telah melakukan diskusi "yang jujur" setelah Martinez terbang ke Roma pada Minggu.

Tidak ada keraguan mengenai popularitas Nainggolan, 29 tahun, di antara para penggemar Belgia, menyusul peran kuncinya di Piala Eropa 2016, kata sang manajer, namun pelatih harus siap untuk mengambil keputusan-keputusan sulit demi kebaikan tim.

"Saya tidak berpikir Radja merupakan pemain yang terbiasa pada peran kecil," kata Martinez ketika Nainggolan dilaporkan siap berangkat bersama skuad "bahkan sebagai seorang kiper." “Alasan Radja tidak masuk skuad murni karena keputusan taktik," kata Martinez kepada para pewarta, menambahi bahwa hal itu memberinya tambahan beberapa pekan sampai tenggat waktu skuad final FIFA yang akan membuat pemain seperti bek Barcelona Thomas Vermaelen memiliki waktu untuk membuktikan kebugarannya.

Berada di posisi ketiga dalam daftar peringkat dunia dan lapar kesuksesan meski memiliki sejumlah pemain paling berbakat di Eropa, lawan Inggris di Grup G ini akan terbang ke Rusia dengan sejumlah bintang Liga Inggris seperti penyerang Chelsea Eden Hazard dan gelandang Kevin de Bruyne dari tim juara Manchester City.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper