Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pra-Piala Dunia 2018: Portugal vs Swiss, Belanda vs Swedia

Rangkaian panjang pertandingan Pra-Piala Dunia 2018 Rusia zona Eropa segera memasuki matchday ke-10 atau terakhir.
Cristiano Ronaldo dalam balutan jersey Timnas Portugal, harus berjuang hingga pekan terakhir untuk meraih tiket ke putaran final Piala Dunia 2018./Reuters-Pedro Nunes
Cristiano Ronaldo dalam balutan jersey Timnas Portugal, harus berjuang hingga pekan terakhir untuk meraih tiket ke putaran final Piala Dunia 2018./Reuters-Pedro Nunes

Bisnis.com, JAKARTA - Rangkaian panjang pertandingan Pra-Piala Dunia 2018 Rusia zona Eropa segera memasuki matchday ke-10 atau terakhir.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Saat ini, di mana sebagian matchday kesembilan (Grup A, B, H) baru akan dimainkan pada Minggu dini hari WIB (8/10/2017), baru empat negara dari kualifikasi zona Eropa yang memastikan meraih tiket ke putaran final yakni Belgia, Inggris, Jerman, dan Spanyol, selain Rusia yang langsung lolos sebagai tuan rumah.

Pada pekan terakhir ini ada beberapa pertandingan yang patut mendapat perhatian di antaranya di Grup A di mana Belanda akan menjamu Swedia. Ini adalah penentuan apakah Belanda pada akhirnya akan benar-benar tersingkir dari putaran final Piala Dunia kali ini.

Belanda harus ‘membunuh’ Swedia dengan syarat sebelumnya pada pekan kesembilan juga harus menggasak tuan rumah Belarusia dengan skor besar sambil berharap Swedia tak menang besar saat menjamu Luksemburg.

Sementara itu di Grup B, akan terjadi ‘final’ Portugal menjamu Swiss untuk berebut tiket dengan status juara grup. Syaratnya bisa diibaratkan sebagai final ialah kedua tim mencatat kemenangan pada pekan kesembilan pada Minggu dini hari WIB, Portugal menang atas Andorra dan Swiss menang atas Hongaria.

Belanda harus ‘membunuh’ Swedia untuk membuka peluang lolos ke Rusia

Di Grup D, Wales versus Republik Irlandia akan menjadi ‘final’ penentu posisi runner up yang berhak melaju ke play-off antara delapan runner up terbaik di antara sembilan grup.

Wales di atas angin karena saat ini menempati posisi kedua klasemen sementara, namun tanpa Gareth Bale sang bintang, bagaimana pun kekuatan mereka dipastikan terpengaruh.

Laga menarik meski bukan big match bakal terjadi di Grup I. Menghadapi Kosovo, Islandia akan membuat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Dunia. Saat ini Islandia memuncaki klasemen dengan 18 angka, dibayangi Kroasia dan Ukraina di posisi kedua dan ketiga dengan nilai masing-masing 17.

Big match Grup I justru terjadi di mana Ukraina akan menjamu Kroasia untuk menentukan posisi runner up. Ukraina, walau sekarang kalah selisih gol, cukup menang selisih satu gol untuk melaju ke babak play-off sebagai salah satu dari delapan runner up terbaik.

Berikut jadwal lengkap pertandingan matchday ke-10 (dalam WIB):

Grup A:

Rabu, 11 Oktober:

01:45   Prancis vs Belarusia

01:45   Luksemburg vs Bulgaria

01:45   Belanda vs Swedia

Grup B:

Rabu, 11 Oktober:

01:45   Hongaria vs Kepulauan Faroe

01:45   Latvia vs Andorra

01:45   Portugal vs Swiss

Grup C:

Senin, 9 Oktober:

01:45   Republik Ceska vs San Marino

01:45   Jerman vs Azerbaijan

01:45   Norwegia vs Irlandia Utara

Grup D:

Selasa, 10 Oktober:

01:45   Moldova vs Austria

01:45   Serbia vs Georgia

01:45   Wales vs Republik Irlandia

Grup E:

Minggu, 8 Oktober:

23:00   Denmark vs Rumania

23:00   Kazakhstan vs Armenia

23:00   Polandia vs Montenegro

Grup F:

Minggu, 8 Oktober:

23:00   Lithuania vs Inggris

23:00   Slovakia vs Malta

23:00   Slovenia vs Skotlandia

Grup G:

Selasa, 10 Oktober:

01:45   Albania vs Italia

01:45   Macedonia vs Liechtenstein

01:45   Israel vs Spanyol                 

Grup H:

Rabu, 11 Oktober:

01:45   Belgia vs Siprus

01:45   Estonia vs Bosnia-Herzegovina

01:45   Yunani vs Gibraltar            

Grup I:

Selasa, 10 Oktober:

01:45   Finlandia vs Turki

01:45   Ukraina vs Kroasia

01:45   Islandia vs Kosovo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper