Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Timnas U-19 Indonesia Vs Brasil, Rep. Ceko & Skotlandia di Turnamen Toulon

Jadwal Timnas U-19 Indonesia Vs Brasil, Rep. Ceko & Skotlandia di Turnamen Toulon
Turnamen Toulon/Football Association of Wales
Turnamen Toulon/Football Association of Wales

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas U-19 akan mengikuti turnamen Toulon di Prancis pada 29 Mei-10 Juni 2017. Skuad asuhan Indra Sjafri itu berada di Grup C babak penyisihan bersama Brasil, Republik Cek, dan Skotlandia. Laga perdana timnas U-19 akan menghadapi Brasil pada 31 Mei di Stade d'Honneur.

Menurut Indra Sjafri, tim pelatih telah memiliki gambaran strategi untuk menghadapi Brasil. "Dua video terakhir Brasil kami sudah punya. Tim saya sudah pelajari itu, antisipasi lewat sesi latihan-latihan yang kami buat," katanya sesuai memimpin latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa, 16 Mei 2017.

Indra menilai turut serta timnas U-19 di turnamen Toulon untuk persiapan menghadapi Piala AFF U-19 di Myanmar, 4-17 September dan babak kualifikasi Piala Asia U-19 2018, 31 Oktober-8 November. Bagi Indra kesempatan dalam turnamen Toulon bisa menguji kelebihan dan kekurangan skuad asuhannya.

"Pertama sisi mental ujian yang levelnya lebih tinggi. Saya mau tahu ada solusi enggak dari pemain kami untuk menghadapi (pemain) yang lebih bagus kualitasnya dari negara itu," ujarnya. Ia menambahkan, selain itu yang terpenting adalah mencari komposisi yang terbaik untuk timnas U-19.

Pemain timnas U-19 Egy Maulana Vikri optimistis bisa memberikan yang terbaik saat menghadapi Brasil. "Pelatih sudah ada strategi khusus buat mereka (Brasil)," katanya.

Menurut dia yang terpenting adalah mengalahkan rasa takut dalam diri. "Pelatih sudah memberi tahu, bagaimana menghadapi situasi nanti (lawan Brasil). Mau (Brasil) bermain menekan, jangan takut, karena sama-sama pemain sepak bola," tuturnya. "Pertandingan nanti mereka (Brasil) pasti kuat, karena umur mereka di atas kami."

Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri sudah ditempa dengan gaya militer di Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat di Cijantung, Jakarta Timur, timnas U-19 tampil dengan sesuatu yang berbeda dalam latihan di Gianyar, Bali.

Para pemain sebelum dan sesudah latihan meneriakkan yel-yel persis seperti militer lengkap dengan gerakan mengentak-entakkan kaki ke tanah. Salah satu di antara mereka memimpin. Mereka saling berteriak bersahutan.  

"Siapa kita? Patriot 19 pantang mundur. Adakah garuda di dadamu? Adakah Merah Putih di hatimu? Ada, ada, ada. Mana? Ini dia, ini dia, pam pam pam yes," kata para pemain timnas U-19 sebelum menjalani latihan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Menurut Indra Sjafri, itu merupakan buah dari latihan yang dilakukan timnas U-19 bersama Kopassus beberapa waktu lalu. Hal itu bertujuan memompa motivasi skuad Garuda Muda.  

"Ini (pemain timnas U-19) pejuang-pejuang demi bangsa dan negara. Kami digodok oleh Kopassus setiap hari, mulai baris-berbaris hingga nyanyian," ujarnya.

Indra pun ikut meneriakkan yel-yel sebelum dan sesudah latihan. Dia mengikuti beberapa gerakan mengentak-entakkan bersama tim pelatih dan anak asuhannya.

Yel-yel itu dibuat asisten pelatih timnas U-19, Mayor CPM Miftahudin Mukson. "Saya buat lebih-kurang lima menit. Saya ulang-ulang dua jam, mereka (para pemain) sudah lancar," tuturnya.

Miftahudin menolak bila yel-yel tersebut dianggap untuk menanamkan militerisme dalam sepak bola. "Saya bukan membawa aroma militer di timnas ini, tapi bagaimana anak-anak umur sekian ini ketika sebelum dan selesai latihan tetap terjaga semangatnya," katanya.

Ia berujar, yel-yel disertai gerakan mengentak-entakkan itu juga untuk membangun kekompakan. "Saya mendisiplinkan anak-anak (para pemain) untuk menumbuhkan semangat militansinya," ucapnya.

Bagi pemain timnas U-19, Egy Maulana Vikri, gaya militer yang diterapkan selama berlatih bersama Kopassus itu untuk menambah semangat. Dia tak mempermasalahkan pola yang diterapkan Indra Sjafri tersebut. "Yel-yel itu bikin capek hilang dan semangat tinggi lagi," katanya.

Timnas U-19 akan berada satu grup dengan Brasil, Skotlandia, dan Republik Ceko dalam Turnamen Toulon di Prancis pada 29 Mei-10 Juni 2017. Turnamen itu akan dijadikan ajang pematangan tim nasional Indonesia U-19 yang sedang dipersiapkan menghadapi Piala AFF U-18 2017 dan Piala Asia U-19 2018.

Bagi pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, hasil pembagian grup untuk Turnamen Toulon bukan masalah besar. Menurutnya hasil itu malah menguntungkan karena tim yang diasuhnya berkesempatan berlaga melawan tim yang lebih matang.

"Siapa pun lawan yang kami akan hadapi dalam grup itu tak ada masalah. Tujuan kami mengikuti turnamen tersebut adalah untuk menguji coba dengan lawan yang lebih berat dari tim kami dan dari sisi usia juga lebih tua. Jadi anak-anak nanti akan kami minta untuk mencari solusi untuk menghadapi pertandingan-pertandingan tersebut," ujar Indra.

Tim nasional Indonesia U-19 saat ini tengah digembleng dalam pemusatan latihan di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur. Selain ujicoba internasional, Indra juga sudah menyiapkan beberapa ujicoba lokal untuk mematangkan performa anak asuhnya.

"Sebelum ke Prancis kita juga ada beberapa ujicoba. Pekan ini satu ujicoba, untuk lawannya belum tahu," tukas pelatih yang sukses membawa tim nasional U-19 juara Piala AFF U-19 2013.

Daftar pemain Timnas U-19 yang mengikuti turnamen Toulon dilansir Wikipedia:

GK

Gianluca Pagliuca Rossy Pratama

GK

Muhammad Riyandi

GK

Aqil Savik

DF

Rifad Marasabessy

DF

Rachmat Irianto

DF

Julyano Pratama Nono

DF

Nurhidayat N.H.

DF

Renaldi Felathiza Yulhan

DF

Firza Andika

DF

Dedy Tri Maulana

DF

Irsan Rahman Lestaluhu

MF

Muhammad Iqbal

MF

Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

MF

Resky Witriawan

MF

Teuku Noer Fadhil

MF

Witan Sulaiman

MF

Adha Nur Rokhim

MF

Feby Eka Putra

FW

Egy Maulana Vikri

FW

Hanis Sagara Putra

FW

Jadug Arya Aragani

FW

Aulia Hidayat

Jadwal timnas U-19 di Turnamen Toulon 2017:

Timnas U-19 Indonesia vs Brasil: Kamis, 1 Juni 2017, Pukul 00.30 WIB

Timnas U-19 Indonesia vs Rep.Ceko.Sabtu, 3 Juni 2017, Pukul 20.00 WIB

Timnas U-19 Indonesia  vs Skotlandia, Selasa, 6 Juni 2017, Pukul 22.00  WIB

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper