Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mourinho Bakal Menuai Masalah Pajak di Inggris & Spanyol

Para pejabat pemerintah Inggris dan Spanyol menyerukan tagihan pajak pelatih Manchester United Jose Mourinho diselidiki.
Jose Mourinho/Reuters-Hannah McKay
Jose Mourinho/Reuters-Hannah McKay

Bisnis.com, JAKARTA - Para pejabat pemerintah Inggris dan Spanyol menyerukan tagihan pajak pelatih Manchester United Jose Mourinho diselidiki setelah muncul laporan yang menyatakan para penasihat pelatih Manchester United itu menyembunyikan lebih dari 10 juta pound sterling.

Sunday Times menganalisis jutaan dokumen bocor yang membeberkan pengaturan pajak yang dibuat para pemain dan pelatih top sepak bola, termasuk bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan gelandang Arsenal Mesut Ozil.

Surat kabar tersebut melaporkan bahwa mereka menemukan bukti bahwa para penasihat Mourinho mengelabui para penyelidik selagi menyembunyikan yang di sebuah surga pajak di Karibia.

Julian Lopez Milla, anggota komisi pajak parlemen Spanyol, berkata kepada The Times bahwa dia akan meminta pihak berwenang untuk membuka kembali kasus dan menyelidiki apakah Mourinho telah melakukan pelanggaran kriminal penggelapan pajak.

Di Inggris, anggota parlemen Meg Hillier yang mengetuai komisi akuntansi publik DPR meminta dokumen-dokumen luar biasa itu dan surat perintah penyelidikan oleh otoritas pajak Inggris.

Gestifute, perusahaan yang mewakili Mourinho dan Ronaldo, telah membantah merancang cara-cara dalam membantu kliennya menyembunyikan jutaan poundsterling kewajiban pajaknya.

Informasi menyangkut soal ini awalnya ditiupkan oleh situs peniup peluit Football Leaks kepada koran Jerman Der Spiegel belum lama tahun ini dan kemudian diinvestigasi oleh 60 jurnalis beberapa bulan kemudian.

Konsorsium European Investigative Collaborations (EIC) mengungkapkan bahwa dokumen-dokumen itu meliputi foto-foto, selebaran, dan email.

Mereka mengatakan hasil penyelidikan mereka akan dipublikan pada pekan-pekan mendatang yang akan mengungkapkan sisi gelap industri sepak bola modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/ESPN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper