Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REAL MADRID Pecat Ancelotti, Zidane Saingi Rafa Jadi Pengganti

Nama bintang Timnas Prancis dan Real Madrid CF Zinedine Zidane muncul sebagai salah satu alternatif pengganti Carlo Ancelotti yang dipecat manajemen klub berjuluk Los Blancos itu pada Selasa dini hari WIB (26/5/2015).
Zinedine Zidane/Reuters-Juan Medina
Zinedine Zidane/Reuters-Juan Medina

Bisnis.com, JAKARTA - Nama bintang Timnas Prancis dan Real Madrid CF Zinedine Zidane muncul sebagai salah satu alternatif pengganti Carlo Ancelotti yang dipecat manajemen klub berjuluk Los Blancos itu pada Selasa dini hari WIB (26/5/2015).

Adalah Sky Sports yang memunculkan nama Zidane sebagai salah satu kandidat kuat menyaingi pelatih klub Serie A Italia SSC Napoli asal Spanyol Rafael 'Rafa' Benitez Maudes.

Zidane saat ini masih sebagai pelatih Real Madrid B (Castilla), tim pelapis skuat utama Real Madrid. Real Madrid Castilla berkompetisi di Segunda B (Divisi 3).

Mantan pemain keturunan Aljazair itu sempat dipersoalkan Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Union of European Football Associations (UEFA) dalam kapasitasnya sebagai pelatih Real Madrid Castilla lantaran tidak memiliki lisensi kepelatihan.

Namun Zidane akhirnya telah mempunyai lisensi yang diperlukannya dari UEFA setelah mengikuti program badan sepak bola Eropa itu yang digelar di markas Juvebtus di Kota Turin, Italia, pada awal bulan ini.

Menjalani kariernya sebagai pemain, Zidane tambil bersama Real Madrid dalam 155 pertandingan dan sebagai playmaker dia mencetak 37 gol dalam kurun waktu 2001-2006.

Dia memulai kariernya sebagai pemain profesional di klub Prancis Cannes (1989-1992) lantas ke Bordeaux (1996-2001) sebelum mulai merantau ke Italia bersama Juventus di mana dia bermain untuk tim berjuluk Si Nyonya Tua itu dalam 151 pertandingan dan mengontribusi 24 gol pada 1996-2001.

Sebagai salah satu pilar terpenting Timnas Prancis, dia membawa Les Bleus menjadi juara Piala Dunia 1998 yang digelar di negaranya setelah menghantam Brasil dengan skor telak 3-0 dalam final dan Zidane mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut.

Berselang 8 tahun kemudian Zidane membawa Timnas Prancis menjadi runner up Piala Dunia 2006 di Jerman, kalah melalui adu penalti di final dari Italia. Zidane juga mencetak gol Prancis ketika itu melalui titik penalti pada menit ke-7 dengan cara yang sangat jarang terjadi di mana bola diarahkan secara perlahan saja tepat ke bagian bawah mistar gawang nyaris tepat di sudut kiri atas.

Tetapi dalam pertandingan itu pula Zidane kena kartu merah setelah menanduk Marco Materazzi lantaran bek Italia itu memprovokasi dengan cara menghina keluarganya.

Meskipun mendapatkan kartu merah, itu tidak menghalangi Zidane untuk meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2006.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper