Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zidane Akhirnya Dapat Lisensi Jadi Pelatih

Salah satu legenda hidup sepak bola dunia Zinedine Zidane mendapatkan lisensi kepelatihan UEFA (Union of European Football Associatuion) untuk membuka jalan agar legenda Prancis itu dapat menduduki posisi teratas dalam kariernya sebagai pelatih.
Zinedine Zidane/Reuters
Zinedine Zidane/Reuters

Bisnis.com, PARIS - Salah satu legenda hidup sepak bola dunia Zinedine Zidane mendapatkan lisensi kepelatihan UEFA (Union of European Football Associatuion) untuk membuka jalan agar legenda Prancis itu dapat menduduki posisi teratas dalam kariernya sebagai pelatih.

"Sangat bangga untuk menerima diploma kepelatihan saya. Misi tercapai," tulis pemenang Piala Dunia ini melalui akun Instagramnya pada Sabtu dini hari WIB (9/5/2015).

Pemberian lisensi itu mengakhiri kemelut panjang seputar keabsahan kepelatihan Zidane, setelah dia diskors selama 3 bulan oleh federasi sepak bola Spanyol karena melatih Real Madrid Castilla tanpa memiliki kualifikasi yang tepat. Dia kemudian dipulihkan dan kembali bekerja sebagai pelatih tim pelapis skuat utama Real Madrid itu.

Zidane adalah legenda yang membawa Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 di negaranya dan menjadi runner up pada perhelatan serupa di Jerman 8 tahun kemudian.

Pada laga final versus Brasil pada Piala Dunia 1998, Zizou, panggilan Zidane, mencetak dua gol untuk menjadikan Prancis sebagai satu dari dua tim bersama Brasil yang pernah menang di final Piala Dunia dengan selisih tiga gol.

Bermain di posisi gelandang serang yang sangat berpengaruh dalam jalannya pertandingan, Zidane bermain dalam 108 laga dan mencetak 31 gol. Di level klub dia memperkuat Cannes, Bordeaux, Juvebtus, dan Real Madrid.

Meskipun catatan prestasinya luar biasa di lapangan hijau, untuk urusan sebagai pelatih, lelaki keturunan Aljazair itu baru menapakan di langkah awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper