Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILIHAN PRESIDEN FIFA: Luis Figo Ingin Putaran Final Piala Dunia 48 Negara

Luis Figo, mantan andalan Timnas Portugal yang mencalonkan diri sebagai pengganti Sepp Blatter di posisi Presiden FIFA, akan menambah jumlah negara partisipan putaran final Piala Dunia hingga 40 atau 48 negara jika terpilih uhntuk memimpin badan sepak bola dunia itu.
Luis Figo/Reuters-Denis Balibouse
Luis Figo/Reuters-Denis Balibouse

Bisnis.com, JAKARTA - Luis Figo, mantan andalan Timnas Portugal yang mencalonkan diri sebagai pengganti Sepp Blatter di posisi Presiden FIFA, akan menambah jumlah negara partisipan putaran final Piala Dunia hingga 40 atau 48 negara jika terpilih uhntuk memimpin badan sepak bola dunia itu.

Mantan pemain berusia 42 tahun tersebut ingin agar persentase pemasukan untuk Federation Internationale de Football Association (FIFA) lebih banyak dialokasikan untuk pembinaan di negara-negara yang sepak bolanya sedang berkembang.

“Saya percaya kita akan mempertimbangkan kemungkinan menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 40 atau bahkan 48 tim nasional,” ungkap pemain terbaik dunia edisi 2001 itu dalam konferensi pers di London pada Jumat pagi WIB (20/2/2015).

Dalam pandangannya, ekspansi jumlah peserta itu, baik menjadi 40 maupun 48, memungkinkan untuk direalisasikan dengan hanya menambah waktu penyelenggaraan sebanyak 3 atau 4 hari. “Jika itu bisa dilaksanakan, maka penambahan tim akan datang dari tim non-Eropa.”

Dengan 48 peserta, dia mendorong putaran final dilaksanakan di dua negara di dua benua berbeda, masing-masing 24 tim, dan setelah itu putaran berikutnya digelar di satu negara.

Figo merupakan salah satu dari tiga calon yang menantang Blatter dalam pemilihan yang akan digelar pada akhir Mei 2015. Dua kandidat lainnya ialah Ketua Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) Michael Van Praag dan Pangeran Jordania Ali bin Al Hussein yang juga anggota Komite Eksekutif FIFA. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper