Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Stadion Gelora Bung Karno Masuk 10 Stadion Terbaik Dunia

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk menjadi salah satu dari 10 stadion terbaik di dunia yang dikerjakan menggunakan produk dalam negeri.
Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018)./Reuters-Willy Kurniawan
Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018)./Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam daftar 10 stadion terbaik sedunia versi The Sun yang mengambil data dari Ticketgum. Media Inggris The Sun memuat berita tentang daftar stadion terbaik di dunia. Salah satunya berasal dari Indonesia.

Stadion GBK (Gelora Bung Karno) masuk dalam daftar stadion terbaik di dunia versi The Sun yang mengambil data dari Ticketgum.

Ada lima kriteria yang disusun untuk menentukan stadion terbaik di dunia tersebut, yakni Google Rating (penilaian Google), Google Search (pencarian di Google), hashtag Instagram, kapasitas dan keterisian kursi, serta rata-rata gol yang tercipta.

Hasilnya, Stadion GBK menempati posisi kedelapan dalam daftar stadion terbaik di dunia dengan torehan nilai 75,52.

Laporan dari Ticketgum menyebut Stadion GBK yang terbaik di Asia. Stadion dengan kapasitas 77.193 kursi itu mendapat rating Google 4,8.

Hanya saja, Stadion GBK dinilai kurang baik dalam keterisian kursi karena hanya ada di angka 51,38 persen. Selain itu, hashtag Instagram tentang stadion ini juga hanya sekitar 9.500-an, jauh tertinggal dari Old Trafford yang tercantum dalam 1,3 juta hashtag.

Meski begitu, Indonesia patut berbangga karena Stadion GBK bisa bersaing dengan markas tim-tim elite Eropa. Bahkan, stadion markas timnas Indonesia bisa mengungguli Santiago Bernabeu yang menempati posisi kesembilan dengan 71,91 poin.

SUGBK menjadi salah satu bangunan ikonik kebanggaan Bangsa Indonesia yang menjadi saksi perhelatan sejumlah ajang olahraga bergengsi kelas dunia. 

Kandang timnas sepak bola Indonesia yang dinobatkan sebagai Stadion Terfavorit oleh Asian Football Confederation (AFC) dalam voting bertajuk Stadion Termegah di Asia Tenggara pada 2020. Selain pertandingan sepak bola, Stadion GBK juga menjadi lokasi konser musik favorit para musisi internasional.

Terbaru, SUGBK sukses menggelar FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan tim juara Piala Dunia 2022, Argentina, pada Senin (19/6/2023). 

Dalam pertandingan tersebut, tidak hanya penampilan apik Garuda Muda yang mendapat apresiasi dari banyak kalangan, SUGBK dengan fasilitas bertaraf internasional yang dimiliki juga menuai pujian dari Manajer Timnas Argentina, Daniel Cabrera yang menyebutnya perfecto atau sempurna.

Selanjutnya, SUGBK akan menjadi lokasi konser musik Coldplay pada 15 November 2023. Grup band asal Inggris bergenre alternative rock itu bukanlah musisi pertama yang tampil di SUGBK.

Sederet nama musisi beken tercatat juga pernah menyapa para penggemarnya dan merasakan atmosfer pertunjukkan di SUGBK, seperti Raisa dan BlackPink (2023), Metallica (2019), Deep Purple (1975) dan Mick Jagger (1988).

SUGBK yang masih berdiri kokoh hingga saat ini merupakan mahakarya yang dibangun dengan menggunakan Semen Gresik. Produk dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) ini telah terbukti kualitas dan ketangguhannya di bidang konstruksi sehingga menjadi bahan bangunan pilihan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi.

Pembangunan SUGBK dimulai pada 8 Februari 1960, menyusul terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 1962. SUGBK memiliki desain memukau dengan atap melingkar atau temu gelang. Atap SUGBK juga tidak memakai penyangga di tengah.

Penyangga atap seluruhnya berada di tepi mengelilingi bangunan stadion. Arsitektur konstruksi yang istimewa tersebut menunjukkan kecanggihan SUGBK pada masanya. SUGBK diresmikan pada 24 Agustus 1962 bertepatan dengan pembukaan Asian Games 1962.

Menjelang perhelatan Asian Games 2018, SMGR kembali berpartisipasi dalam revitalisasi SUGBK melalui pengaplikasian produk ThruCrete yang mampu meresapkan air ke dalam tanah di sejumlah area di kawasan GBK, seperti Taman Krida Loka, jalur pejalan kaki dan lintasan jogging.

10 Stadion Terbaik di Dunia

Berikut daftar 10 stadion terbaik di dunia:

1. Mineirao (Brasil) 83,40

2. Celtic Park (Skotlandia) 80,74

3. Wembley (Inggris) 79,45

4. Metlife Stadium (Amerika Serikat) 79,03

5. Estadio Olimpico Universitario (Meksiko) 78,85

6. Estadio Azteca (Meksiko) 75,82

7. Old Trafford (Inggris) 75,98

8. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Indonesia) 75,52

9. Santiago Bernabeu (Spanyol) 71,91

10. Gillete Stadium (Amerika Serikat) 70,82

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper