Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salip Jokic, Joel Embiid Terpilih Jadi MVP NBA 2023

Center Philadelphia 76ers dan pencetak skor terbanyak, Joel Embiid, dinobatkan menjadi Most Valuable Player (MVP) NBA 2022-2023.
Joel Embiid MVP NBA 2023/NBA.
Joel Embiid MVP NBA 2023/NBA.

Bisnis.com, SOLO - Center Philadelphia 76ers dan pencetak skor terbanyak, Joel Embiid, dinobatkan menjadi Most Valuable Player (MVP) NBA 2022-2023.

Joel Embiid dipilih oleh 73 first-place votes dalam voting MVP NBA. Embiid unggul jauh atas center Denver Nuggets, Nikola Jokic, yang dipilih oleh 15 first-place votes.

Di posisi ketiga ada mantan peraih dua penghargaan MVP sebelumnya, sekaligus forward Milwaukee Bucks, Giannis Antetokounmpo, dengan 12 first-place votes.

Pemain berusia 29 tahun tersebut mencetak rata-rata 33,1 poin per game musim ini.

Ia kembali tercatat sebagai pencetak skor terbanyak sekaligus melanjutkan prestasi dalam dua musim beruntun.

Tak cukup sampai di situ, Joel Embiid juga mencetak rata-rata 10,2 rebound dan sukses membukukan rekor assist tertinggi dalam kariernya, yakni 4,2 assist per game.

Musim ini, Embiid juga bermain dalam 66 pertandingan untuk Philadelphia 76ers. Jumlah itu menjadi total penampilan tertinggi kedua dalam kariernya. Sayangnya, Embiid dibekap cedera di babak playoff.

"Setelah sekian lama, akhirnya datang [gelar MVP NBA]. Banyak kerja keras. Saya telah melalui banyak hal. Saya tidak hanya berbicara tentang bola basket. Saya berbicara tentang hidup saya. Dari mana saya berasal. Bagaimana saya sampai di sini dan apa yang diperlukan untuk berada di sini," kata Joel Embiid dilansir dari FOX.

Joel Embiid adalah pemain pertama Sixers yang memenangi MVP NBA dalam 22 tahun terakhir.
Sebelumnya, sosok Allen Iverson memenangi gelar ini ini pada musim 2001.

Beberapa legenda tim juga sempat bergantian mengisi podium MVP, seperti Julius Erving (NBA 1981), Moses Malone (NBA 1983), dan Wilt Chamberlain (NBA 1966-1968).

Sampai saat ini, Embiid telah memainkan 134 pertandingan musim reguler bersama Sixers dalam dua musim terakhir.

Torehan 30,6 poin musim lalu menjadikannya pemain asing (luar AS) pertama yang memenangkan gelar pencetak skor terbanyak NBA.

Gelar MVP NBA ini juga menyempurnakan capaian-capaian Embiid sebelumnya, antara lain masuk tim All-Star NBA sebanyak enam kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper