Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik 14 Persen, Jumlah Penonton WSBK Mandalika 2023 Mencapai 59 Ribu Orang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeberkan jumlah penonton yang hadir pada World Superbike (WSBK) Mandalika 2023.
Jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 mencapai 59 ribu orang/Antara/HO-Humas Kemenparekraf.
Jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 mencapai 59 ribu orang/Antara/HO-Humas Kemenparekraf.

Bisnis.com, SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membeberkan jumlah penonton yang hadir pada World Superbike (WSBK) Mandalika 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan penyelenggaraan ajang balap kelas dunia WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika, NTB, melewati jumlah penonton tahun lalu.

Balapan WSBK Mandalika yang digelar pada 3-5 Maret lalu itu bahkan mencapai rekor tertinggi dalam hal jumlah penonton.

"Selama tiga hari event (3-5 Maret 2023), WSBK 2023 dipadati 59.251 penonton. Jumlah ini meningkat 14,76 persen dibanding penyelenggaraan WSBK Mandalika 2022 sebanyak 51.693 penonton," ucap Sandiaga Uno.

Jumlah itu lebih tinggi ketimbang target pemerintah sebanyak 45.000 penonton. Jumlah tersebut merupakan rekor tinggi jumlah penonton dibanding penyelenggaraan WSBK sebelumnya.

Menparekraf pun berharap capaian ini akan selaras dengan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat dan terbukanya lapangan kerja.

Khususnya bagi pelaku UMKM yang ditargetkan tercipta 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan pihaknya bakal melakukan kajian lebih jauh tentang dampak dari penyelenggaraan WSBK 2023 untuk mendapatkan data yang lebih akurat terhadap masyarakat.

Selain itu agar dapat menjadi modal bagi Indonesia dalam menyelenggarakan ajang balap motocross kelas dunia MXGP dan MotoGP.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandi Satria menyampaikan apresiasi untuk dukungan dari banyak pihak atas kesuksesan penyelenggaraan WSBK 2023.

Menurutnya, Dorna Sport merasakan penyelenggaraan event balap di Indonesia selalu memberikan hal yang berbeda yang dapat dirasakan para pembalap, di antaranya adalah suguhan budaya yang begitu kuat.

"Dorna sangat senang, mengapresiasi dan sebagian besar dari kesenian pada hari ini juga ditayangkan secara live sebelum start. Jadi sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semuanya dalam menyukseskan WSBK 2023," kata Priandi Satria.

Pada balapan seri kedua World Superbike 2023, pembalap Ducati Alvaro Bautista berhasil meraih podium utama. Ia berhasil mengungguli dua pesaingnya, Toprak Razgatlioglu dan Xavi Vierge untuk jadi yang tercepat di WSBK Mandalika 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper