Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ManCity Terkena Skandal FFP, Guardiola: Kami Telah Dikutuk

Pelatih Manchester City Pep Guardiola menyatakan tetap setia dengan The Citizens yang terkena skandal FFP.
Pep Guardiola/Reuters-Jon Super
Pep Guardiola/Reuters-Jon Super

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Manchester City Pep Guardiola menyatakan tetap setia dengan The Citizens yang didakwa melakukan lebih dari 100 pelanggaran peraturan keuangan oleh operator Liga Inggris.

City berpeluang dihukum pengurangan poin bahkan degradasi dari strata teratas Inggris, jika mereka dinyatakan bersalah melanggar peraturan yang terentang antara musim 2009/2010 sampai 2017/2018 oleh komisi independen.

Guardiola sebelumnya pernah berkata bahwa ia dapat saja hengkang jika ia kedapatan berbohong oleh manajemen City, terkait tudingan bahwa mereka melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP).

City diskors dua tahun dari kompetisi-kompetisi Eropa pada Februari 2020 oleh UEFA karena pelanggaran serius terhadap FFP. Namun kemudian sanksi itu dicabut oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS).

"Pemikiran pertama saya adalah bahwa kami telah dikutuk," kata Guardiola pada konferensi pers menjelang pertandingan Liga Inggris melawan Aston Villa.

"Seandainya kami bersalah, kami akan menerima apa yang diputuskan oleh operator Liga Inggris. Namun apa yang terjadi jika situasi yang sama seperti (kasus) UEFA terjadi, kami tidak bersalah? Apa yang dapat dilakukan untuk merestorasi atau membayar kembali kerusakan kami," tambahnya.

Guardiola belakangan memperpanjang kontraknya di Stadion Etihad sampai 2025. Masa kerja tujuh tahunnya merupakan masa kerja terpanjang Guardiola selama menjalani karier kepelatihan.

"Saya tidak pindah dari kursi ini. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya ingin bertahan. Terkadang saya memiliki keraguan karena tujuh atau delapan tahun merupakan waktu yang panjang, namun saat ini saya tidak mau pergi," tutur mantan pelatih Bayern Munich dan Barcelona itu.

"Orang-orang berkata, "mereka membohongi kamu." Mengapa tidak membohongi saya. Lihat apa yang terjadi di UEFA? Sekarang sama saja. Mengapa saya tidak percaya kepada orang-orang saya dan mempercayai CEO klub-klub lain?' tegas Guardiola.

City sedang tidak tampil dalam performa terbaiknya dalam beberapa pekan terakhir, dengan tiga kekalahan dari enam pertandingan terakhir. Mereka juga tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris Arsenal.

Meski demikian, Guardiola yakin masalah-masalah di luar lapangan tidak akan mendistraksi para pemainnya pada periode krusial.

"Ketika itu terjadi pada Senin, ada banyak rumor, ada banyak kebisingan. Saya memiliki perasan bahwa ketika pertandingan kembali dimainkan, orang-orang kembali melakukan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Para pemain di lapangan, dan para pengacara di persidangan," yakin pria Spanyol tersebut.

City akan bertemu Arsenal pada Rabu (15/2), sebelum kembali berkompetisi di Liga Champions pada pekan berikutnya dengan menghadapi tim Jerman RB Leipzig.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper