Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klaim Kontroversial Eks Pelatih Persib Soal Juara "Settingan" Persija Bikin Gaduh Medsos

Eks pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts membuat pernyataan kontroversial terkait Persija Jakarta kala menjadi juara Liga 1 2018.
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts/Persib.co.id
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts/Persib.co.id

Bisnis.com, SOLO - Eks pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts membuat pernyataan kontroversial terkait Persija Jakarta kala menjadi juara Liga 1 2018.

Dalam video podcast di kanal YouTube Sports77, Robert Rene Alberts menceritakan pengalamannya melatih di Indonesia.

Pada satu bagian, Robert sempat menyinggung kejadian di Liga 1 2018. Kala itu dia masih menukangi tim PSM Makassar.

PSM menjadi pesaing ketat Persija Jakarta menjadi juara Liga 1 2018. Bahkan pada klasemen akhir, PSM finis di urutan kedua dengan selisih hanya satu poin di belakang Persija.

Robert mengeklaim bahwa Persija mendapat wasit yang sama dalam empat pekan terakhir Liga 1 2018.

"Sekarang, apa yang terjadi pada empat laga terakhir [Persija] di liga? Apa yang terjadi? Saya mengungkitnya. Wasit yang sama untuk Persija pada empat laga terakhir. Ini hanya bisa terjadi di Indonesia. Tidak ada yang memperhatikan itu," ucap Robert Rene Alberts.

Faktanya, setelah ditelusuri ucapan Robert tersebut tidaklah benar. Persija tak mendapat wasit yang sama dalam empat pekan terakhir.

Pada pekan ke-31, wasit yang memimpin laga PSM vs Persija adalah Prasetyo Hadi. Sementara pada pekan ke-32 adalah Iwan Sukoco.

Pada pekan ke-33 Djumadi Effendi bertindak sebagai wasit Persija. Kemudian pada pekan terakhir alias ke-34 Prasetyo Hadi kembali memimpin jalannya laga.

Namun demikian, ada dua nama yang bertugas lebih dari satu laga dalam ebagai tim wasit (sebagai asisten dan wasit cadangan).

Moch Musyafak menjadi asisten wasit pada pekan ke-31 dan 33. Prasetyo Hadi menjadi wasit utama pekan ke-31 dan 34, serta wasit keempat (cadangan) pada pekan ke-33.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper