Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jor-joran di Bursa Transfer, Mengapa Chelsea Lolos Financial Fair Play?

Aktivitas Chelsea yang gila-gilaan di bursa transfer ternyata tak membuat tim ini melanggar aturan Financial Fair Play, kok bisa?
Manajer Chelsea, Graham Potter/Insteria
Manajer Chelsea, Graham Potter/Insteria

Bisnis.com, SOLO - Aktivitas Chelsea yang gila-gilaan di bursa transfer ternyata tak membuat tim ini melanggar aturan Financial Fair Play, kok bisa?

Chelsea menjadi tim paling boros di bursa transfer musim dingin (Januari) 2023. Hingga penutupan bursa transfer, Chelsea tercatat mencapai kesepakatan dengan delapan pemain.

Dana yang dikeluarkan Chelsea untuk menggaet delapan pemain tersebut dikabarkan mencapai 327 juta pound alias Rp6 triliun.

Delapan pemain yang dibeli Chelsea adalah Andrey Santos (10 juta pounds), Mykhailo Mudryk (89 juta pounds), Benoit Badiashile (35 juta pounds), David Datro Fofana (8 juta pounds), Noni Madueke (30,7 juta pounds), Joao Felix (pinjaman 9,7 juta pounds), Malo Gusto (30,7 juta pounds), dan Enzo Fernandez (106 juta pounds).

Meski demikian, Chelsea dinilai tak melanggar regulasi Financial Fair Play (FFP) selepas transfer jor-joran tersebut.

Dalam aturan FFP Premier League (Liga Inggris), sebuah tim diizinkan mengalami kerugian 105 juta pounds dalam waktu tiga tahun.

Hal berbeda tertulis dalam aturan UEFA yang hanya menolerir kerugian sebesar 53 juta pounds.

UEFA memberikan aturan maksimal gaji pemain, bayaran agen, dan biaya transfer maksimal 90 persen dari pemasukan musim 2023-2024. Jumlah itu diharapkan turun jadi 80 dan 70 persen dalam dua musim berikutnya.

Dalam laporan keuangan terakhir, Chelsea menderita kerugian 387 juta pounds. Hal itu sudah mendapat perhatian dari UEFA.

Namun Chelsea yakin bisa mengakali aturan FFP sekalipun jika musim depan tak bisa lolos ke Liga Champions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper