Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Histori 4 Tim yang Lolos Semi final Piala Dunia 2022 di FIFA World Cup

Prestasi Prancis di Piala Dunia cukuplah memuaskan. Mereka merebut gelar sebagai juara ketika menjadi tuan rumah pada tahun 1998 lalu.
Timnas Prancis di Piala Dunia 2022/FIFA
Timnas Prancis di Piala Dunia 2022/FIFA

Prancis dan Maroko

3. Prancis

Dua gol dari Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud membawa Prancis lebih dekat lagi meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Prancis lolos ke semi final usai mengalahkan timnas Inggris dengan skor 2-1.

Prestasi Prancis di Piala Dunia cukuplah memuaskan. Mereka merebut gelar sebagai juara ketika menjadi tuan rumah pada tahun 1998 lalu. Ini mengulang sejarah yang ditorehkan Argentina ketika menjadi juara saat menjamu Piala Dunia 1978.

Selain kemenangan itu, Prancis mencapai semifinal berturut-turut pada 1982 dan 1986 tetapi mereka tidak mampu mematahkan cengkeraman Italia, Argentina, dan Jerman Barat di final.

Prancis ikut di Piala Dunia perdana tahun 1930, yang diadakan di Uruguay. Dalam pertandingan pembukaan, mereka menjadi tim pertama yang mencetak gol di Piala Dunia (Lucien Laurent) dalam perjalanan menuju kemenangan 4-1 atas Meksiko. Namun, setelah kalah dalam dua pertandingan tersisa dari Argentina dan Chili, Prancis tersingkir di babak penyisihan grup.

Di Piala Dunia 1934 berakhir dengan penampilan mengecewakan lainnya, karena Les Bleus dikalahkan oleh Austria di babak pembukaan.

Empat tahun kemudian, Prancis memiliki kesempatan untuk melangkah lebih jauh. Setelah lolos ke kompetisi secara otomatis, mereka berhasil mengalahkan rival lama Belgia 3-1 atas dua gol dari Jean Nicolas. Pertandingan perempat final mempertemukan mereka dengan juara bertahan Italia, yang keluar sebagai pemenang. Karena Perang Dunia II, ini adalah Piala Dunia terakhir Prancis yang memiliki kesempatan untuk berkompetisi untuk sementara waktu.

"Generasi emas" pertama Prancis tiba pada tahun 50-an. Dipimpin oleh dinamo kreatif Raymond Copa dan striker produktif Just Fontaine, mereka menjadi tim yang ditakuti. Skuad ini memulai debutnya di Piala Dunia 1954, namun kalah dari Yugoslavia 0-1 di pertandingan pembuka.

4 tahun kemudian, Prancis melaju melalui kualifikasi Piala Dunia 1958. Performa kali ini menjanjikan. Mereka mengalahkan Irlandia Utara 4-0 dalam perjalanan ke semifinal melawan Brasil. Mereka kalah 5-2, namun berhasil mengalahkan Jerman Barat di perebutan tempat ketiga. Fontaine menyelesaikan turnamen dengan 13 gol, rekor yang masih bertahan hingga saat ini.

Turnamen besar berikutnya yang dikualifikasi Prancis adalah Piala Dunia 1966, tetapi tanpa kemenangan dalam enam pertandingan persahabatan sebelum turnamen.

Dekade berikutnya Prancis gagal lolos ke turnamen besar mana pun. Selama periode ini, Federasi Sepak Bola Prancis merekrut dan memecat manajer secara konsisten, tetapi tampaknya tidak ada yang membuahkan hasil. Ini berlangsung sampai pengangkatan Michel Hidalgo pada tahun 1976, serta kedatangan generasi baru yang berbakat yang dipimpin oleh maestro lini tengah Michel Platini.

Setelah tersingkir di babak penyisihan grup di Piala Dunia 1978, Prancis kembali dengan sepenuh hati empat tahun kemudian. Dengan carré magique dari Platini, Tigana, Giresse, dan Fernández yang menguasai lini tengah, Prancis melaju ke pertandingan semifinal melawan Jerman Barat.

Dalam salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah Piala Dunia, Jerman Barat bangkit dari defisit 1-3 dalam perpanjangan waktu dan memenangkan pertandingan melalui adu penalti. Prancis kemudian kalah dari Polandia 2-3 di perebutan tempat ketiga.

Pada tahun 1998 tim nasional Prancis memenangkan Piala Dunia, mengalahkan Brasil 3-0. Kemenangan gelar dielu-elukan sebagai kemenangan visi multikultural Prancis karena komposisi tim yang beragam.

Pada Piala Dunia 2010 timnas Prancis memboikot latihan sebagai protes setelah striker Nicolas Anelka dikeluarkan karena meneriakkan kata-kata kotor kepada pelatihnya. Anelka diberi skorsing 18 pertandingan oleh Federasi Sepak Bola Prancis, yang secara efektif mengakhiri karir internasionalnya. Tiga pemain lain yang membantu memimpin boikot juga diberi skorsing, dan tim tertatih-tatih melewati finis terakhir di babak penyisihan grup.

1930       1st Round Groups

1934       Round of 16

1938       Quarter Finals

1950    did not participate                                                                                                                                             

1954       1st Round Groups

1958       3rd Place             

1962       did not participate                                                                                                                                          

1966       1st Round Groups

1970       did not participate                                                                                                                                          

1974       did not participate                                                                                                                                          

1978       1st Round Groups

1982       3rd Place

1986       3rd Place

1990       did not participate                                                                                                                                          

1994       did not participate                                                                                                                                          

1998       World Cup Throphy 1

2002       1st Round Groups

2006       Final Game

2010       1st Round Groups

2014       Quarter Finals

2018       World Cup Throphy

2022       Semi Finals

4. Maroko

Tim Singa Atlas menjadi tim yang tidak terduga-duga bisa lolos ke semi final.

Maroko lolos ke babak final Piala Dunia FIFA sebanyak enam kali, yaitu pada tahun 1970, 1986, 1994, 1998, 2018, dan 2022.

Penampilan terbaik mereka adalah di Piala Dunia 2022 di mana mereka sejauh ini mencapai babak semi final. Ini menjadikan mereka tim Afrika pertama yang melaju ke babak empat besar Piala Dunia.

Mereka sukses memulangkan Ronaldo dkk, lewat sundulan tajam Youssef En-Nesyri.

Pada 6 Desember 2022, Maroko mengalahkan Spanyol untuk merebut tempat di perempat final di Qatar. Kemenangan tersebut menjadikan Maroko tim Afrika keempat yang lolos ke perempat final Piala Dunia setelah Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana. 2010.

Tiga puluh enam tahun lalu, Maroko mengukir sejarah dengan menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Berikut kisah sukses terbesar Maroko di Piala Dunia FIFA.

Piala Dunia FIFA 1986: Maroko - Portugal 3-1

Maroko pertama kali lolos ke Piala Dunia FIFA pada tahun 1970. Penampilan mereka diakhiri dengan dua kekalahan melawan Jerman Barat (2-1) dan Peru (3-0) serta hasil imbang melawan Bulgaria (1-1).

Enam belas tahun kemudian, Atlas Lions kembali ke Meksiko untuk perjalanan Piala Dunia lainnya.

Mereka tetap tak terkalahkan selama fase grup dan memenangkan Grup F.

Setelah dua hasil imbang tanpa gol melawan Polandia (0-0) dan Inggris (0-0), kiper legendaris Badou Zaki melihat timnya menang melawan Portugal 3-1. Abderrazak Khairi mencetak dua gol selama babak pertama dan Merry Krimau menambahkan gol ketiga 30 menit sebelum peluit akhir.

Maroko lolos ke babak 16 besar - tonggak sejarah besar bagi dunia sepak bola: Belum ada tim Afrika yang melakukannya sebelumnya. Maroko tersingkir oleh Jerman Barat 1-0, tapi sejarah sudah tertulis.

Piala Dunia FIFA 1998: Skotlandia - Maroko 3-0

Maroko nyaris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia FIFA 1998. Setelah bermain imbang melawan Norwegia (2-2) dan kalah 3-0 melawan juara bertahan Brasil, Maroko mengalahkan Skotlandia 3-0.

Salaheddine Bassir mencetak dua gol, dan Abdeljalil Hadda mencetak gol melawan tim Skotlandia yang bermain 40 menit dengan hanya sepuluh orang saat Craig Burley mendapat kartu merah tak lama setelah turun minum.

Kemenangan ini seharusnya cukup untuk membuat mereka lolos ke babak sistem gugur tetapi itu tidak dimaksudkan. Saat Brasil secara mengejutkan kalah pada saat yang sama 2-1 melawan Norwegia, impian Maroko di babak 16 besar berakhir.

Mereka finis di urutan ketiga Grup B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Kroasia dan Argentina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper