Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Timnas Prancis, Pemain Top, Pelatih, Jadwal di Piala Dunia Qatar

Di Rusia 2018, Prancis yang berjuluk Les Bleus berhasil merebut gelar juara dunia kedua setelah mengalahkan Kroasia.
Timnas Prancis/ Uefa.com
Timnas Prancis/ Uefa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Di Rusia 2018, Prancis yang berjuluk Les Bleus berhasil merebut gelar juara dunia kedua setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 pada partai final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Rusia.

Prancis merupakan salah satu dari empat tim Eropa yang bersaing di Piala Dunia edisi pertama pada 1930 bersama Rumania, Yugoslavia, dan Belgia. Prancis memenangkan turnamen pada tahun 1998 ketika menjadi tuan rumah. Pada laga final, mereka mengalahkan Brasil 3-0 lewat dua gol Zinedine Zidane dan Emmanuel Petit.

Kemenangan itu membuat Prancis menjadi salah satu dari delapan tim nasional yang telah memenangkan Piala Dunia sejak 1930. Les Bleus berhasil menyandingkan gelar juara dunia dan juara Euro pada 2000. Namun, Prancis gagal mengulang penampilan impresifnya di Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea.

Berstatus sebagai juara bertahan, timnas Prancis yang saat itu dilatih oleh Roger Lemere harus kandas di babak penyisihan grup. Dari tiga pertandingan, Les Bleus hanya meraih satu poin saat bermain imbang tanpa gol melawan Uruguay. Masih diperkuat materi pemain saat menjadi juara dunia 1998 seperti Zidane dan Thierry Henry, timnas Prancis harus kalah 0-2 dari Denmark dan 0-1 dari Senegal.

Les Bleus hampir mampu membayar kegagalan edisi 2002 pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Mengalahkan sejumlah tim kuat seperti Prancis, Brasil, dan Portugal, Prancis berhasil melaju ke babak final untuk menantang Italia. Laga berakhir imbang dalam waktu normal 90 menit dan perpanjangan waktu, Italia menang adu penalti 5-3 atas Prancis. Insiden tandukan Zidane kepada Marco Materazzi menjadi ikon pada laga puncak itu.

Prancis belum mampu bicara banyak pada dua edisi Piala Dunia setelahnya. Di Afrika Selatan edisi 2010, Prancis terhenti di babak penyihan grup, sedangkan di Brasil pada edisi 2014, Les Bleus dihentikan Jerman di babak perempat final. Jerman akhirnya keluar sebagai juara dunia usai mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 pada partai final.

Dahaga juara terbayar saat Prancis berlaga di Piala Dunia 2018. Edisi Qatar 2022 akan menjadi Piala Dunia ke-16 untuk Prancis atau yang ketujuh berturut-turut dalam kompetisi sejak putaran final tahun 1998. Timnas Prancis saat ini berada di urutan keempat dalam peringkat FIFA per Juni 2022 dengan 1764,85 poin. Tim ini menempati peringkat pertama grup kualifikasi Piala Dunia dengan 18 poin. Saat itu, Les Bleus tak terkalahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper