Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terakhir Kali Timnas Indonesia Lolos dari Kualifikasi Piala Asia, Sang Pencetak Gol Bahkan Belum Lahir

Timnas Indonesia menorehkan sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 melalui jalur runner-up terbaik.
Taufan Bara Mukti
Taufan Bara Mukti - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  08:47 WIB
Terakhir Kali Timnas Indonesia Lolos dari Kualifikasi Piala Asia, Sang Pencetak Gol Bahkan Belum Lahir
Susunan pemain timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 - PSSI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia menorehkan sejarah dengan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 melalui jalur runner-up terbaik.

Timnas Indonesia memetik kemenangan telak, 7-0, atas Nepal pada laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (15/6/2022).

Kemenangan timnas Indonesia atas Nepal ditentukan oleh gol dari Dimas Drajad (6'), Witan Sulaeman (43' dan 81'), Fachruddin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Dengan hasil ini, timnas Indonesia menduduki runner-up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan poin enam, berselisih tiga angka di belakang Yordania.

Tim Garuda berhak mendapat tiket ke Piala Asia 2023 setelah menjadi satu dari lima runner-up terbaik babak kualifikasi.

Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi timnas Indonesia. Maklum, Indonesia sudah lama tak tampil di putaran final Piala Asia.

Timnas Indonesia sempat tampil di Piala Asia 2007, namun kala itu statusnya adalah tuan rumah sehingga tak melalui babak kualifikasi.

Perjuangan sesungguhnya timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia terjadi pada 2004. Kala itu, timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi, Yaman, dan Bhutan di Grup C Kualifikasi Piala Asia 2004.

Timnas Indonesia memetik tiga kemenangan, melawan Bhutan (2-0 dan 2-0) dan Yaman (3-0), imbang 2-2 melawan Yaman pada pertemuan kedua, dan kalah dari Arab Saudi (0-5 dan 0-6).

Hasil itu membuat Indonesia mengunci runner-up Grup C dengan torehan 10 poin, berselisih delapan poin di belakang Arab Saudi dan tiga angka di depan Yaman.

Walhasil, timnas Indonesia berhak mendampingi Arab Saudi untuk tampil di putaran final Piala Asia 2004 yang digelar di China.

Fakta menarik lainnya, terakhir kali timnas Indonesia tampil di putaran final Piala Asia, salah satu pencetak gol ke gawang Nepal belum lahir.

Anggota termuda di skuad timnas Indonesia saat ini, Marselino Ferdinan, baru berusia 17 tahun saat ini. Marsel lahir tanggal 9 September 2004.

Wonderkid milik Persebaya Surabaya itu lahir kurang lebih sebulan setelah Piala Asia 2004 berakhir. Turnamen di China itu bergulir pada 17 Juli-7 Agustus 2004.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia piala asia Marselino Ferdinan Kualifikasi Piala Asia
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top