Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpora Zainudin: Pemerintah Dukung Penuh Kompetisi Pra Musim Piala Presiden 2022

Menpora menyatakan pemerintah akan mendukung penuh gelaran kompetisi pra musim bertajuk Piala Presiden tahun 2022.
Trofi Piala Presiden 2017 dipajang di pintu tribun VVIP Stadion Utama Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor./Bisnis-Arys Aditya
Trofi Piala Presiden 2017 dipajang di pintu tribun VVIP Stadion Utama Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor./Bisnis-Arys Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan pemerintah akan mendukung penuh gelaran kompetisi pra musim bertajuk Piala Presiden tahun 2022 yang kembali di gelar sebagai persiapan memasuki kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2022-2023.

"Pemerintah sangat mengapresiasi PSSI dan PT LIB yang menggulirkan kembali Piala Presiden yang vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19," katanya, dikutip melalui laman Kemenpora, Senin (6/6/2022).

Amali juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas terselenggaranya kompetisi sebelum kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 terselenggara.

"Saya juga menyampaikan apresiasi dari Bapak Presiden Joko Widodo terhadap kegiatan sepakbola yang kita lakukan, itu berarti kita sudah memasuki masa-masa normal. Diharapkan akan sukses dan ujungnya menuju kompetisi Liga 1 musim 2022-2023," tuturnya.

Amali memastikan dukungan penuhnya agar kompetisi pra musim ini berjalan dengan lancar.

"Pemerintah akan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap apa yang dibutuhkan PSSI dan PT LIB, karena persiapan untuk memasuki kompetisi liga musim 2022-2023, kita sangat membutuhkan turnamen pra musim seperti ini," ujarnya.

"Sekali lagi pemerintah sangat apresiasi PSSI dan PT LIB yang menggulirkan kembali Piala Presiden senagai turnamen pra musim," tambahnya.

Menurut Menpora Amali, kompetisi yang dilakukan baik Liga 1 dan Liga 2 memiliki tujuannya yakni sebagai tempat untuk para talenta-talenta atlet sepakbola nasional mengasah kemampuannya.

"Ini sangat bagus dan luar biasa, dukungan dari sponsor juga luar biasa, terima kasih para sponsor. Pemerintah siap memberikan dukungan apapun yang dibutuhkan PSSI dan LIB," pungkasnya.

Sekadar informasi, Piala Presiden 2022 dijadwalkan berlangsung pada 11 Juni sampai 17 Juli 2022, sebagai turnamen pramusim Liga 1 2022/2023. Terdapat 4 kota penyelenggara yakni Bandung, Solo, Malang, dan Samarinda, yang akan menjadi tuan rumah turnamen yang diikuti oleh tim-tim peserta Liga 1 2022/2023 itu.

Diikuti 18 tim, peserta bakal dibagi ke dalam 4 grup, dengan masing-masing diisi oleh 4 atau 5 tim. Setiap grup nantinya akan dipusatkan ke dalam 1 kota dengan 1 tim bertindak sebagai tuan rumah.

Berikut Hasil Drawing Penyisihan Grup Piala Presiden 2022

Grup A:
Persis Solo, PSISSemarang, Dewa United, PersitaTangerang, PSSSleman

Grup B:
Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, Madura United, RANS Cilegon FC

Grup C:
Persib Bandung, PersebayaSurabaya, Bhayangkara FC, BaliUnited

Grup D:
Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

Peserta Turnamen Piala Presiden 2022

1. Persis Solo
2. PSIS Semarang
3. Dewa United
4. Persita Tangerang
5. PSS Sleman
6. Borneo FC
7. Barito Putera
8. Persija Jakarta
9. Madura United
10. RANS Cilegon FC
11. Persib Bandung
12. Persebaya Surabaya
13. Bhayangkara FC
14. Bali United
15. Arema FC
16. Persikabo 1973
17. PSM Makassar
18. Persik Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper