Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Sea Games 2022, Timnas Voli Putra Indonesia Diasuh Pelatih Asal China

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menunjuk pelatih asal China Jeff 'Jiang' Jie untuk menjadi juru taktik tim nasional (timnas) putra menghadapi Sea Games Hanoi.
Tim bola voli pria Indonesia/Antara
Tim bola voli pria Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menunjuk pelatih asal China Jeff 'Jiang' Jie untuk menjadi juru taktik tim nasional (timnas) putra menghadapi Sea Games Hanoi, Vietnam yang akan bergulir pada 12-23 Mei.

Dalam keterangan resmi, Rabu (30/3/2022), Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBVSI Heyzer Harsono mengatakan Jiang Jie akan secara resmi melatih pevoli putra Indonesia mulai 1 April dengan durasi kontrak selama enam bulan atau hingga September.

Selain mempersiapkan tim putra Merah Putih, pria yang lahir di Beijing, 14 April 1963 itu juga akan berperan sebagai pelatih saat timnas berlaga di Asian Games Hangzhou, China pada 10-25 September. "Jika berangkat ke Asian Games, dia juga akan bertindak sebagai pelatih," kata Heyzer.

Sebelumnya, menurut Heyzer, Jiang Jie juga terlibat dalam pemilihan skuad timnas putra Indonesia. Semula terdapat 24 nama yang masuk dalam bidikan sang pelatih, sebelum akhirnya 14 pemain dipanggil untuk mempersiapkan diri tampil pada SEA Games Hanoi.

Jiang Jie bukan nama baru untuk dunia perbolavolian Tanah Air. Pada 2005 dan 2006 dia melatih tim Proliga Bandung Artdeco Bank Jabar dan Jakarta Bank DKI. Terakhir, dia membawa tim debutan Bogor LavAni menjadi juara PLN Mobile Proliga 2022 sekaligus dinobatkan sebagai pelatih terbaik musim ini.

Selama mengemban tugas sebagai pelatih, Jiang Jie akan dibantu dua asisten yakni Sigit Ari Widodo yang membawa Surabaya Bhayangkara Samator ke final Proliga 2022 dan Indra Wahyudi. Selain itu ada nama Roy Nanlohy sebagai trainer dan Robby Sudrajat sebagai pelatih fisik.

Adapun dari 14 pemain yang dipanggil, beberapa di antaranya adalah wajah lama. Sebut saja Dio Zulfikri, Doni Haryono, Fahreza Rakha Abhinaya, Dimas Saputra, Rivan Nulmulki, Nizar Zulfikar, Rendy Febriant Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra yang membawa Indonesia meraih emas pada SEA Games 2019 di Filipina.

Kemudian ada juga nama seperti M. Malizi, Farhan Halim, Mauluddani Daffa Naufal, Irpan, dan Fahri S. Putratama yang bakal bergabung dengan timnas bola voli putra Indonesia.

Timnas bola voli putra akan berjuang mempertahankan medali emas pada SEA Games Hanoi. Pada edisi sebelumnya di Filipina, skuad Merah Putih menjadi yang terbaik setelah mengalahkan tuan rumah Filipina dengan skor 3-0 (25-21, 27-25, 25-17).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper