Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketum PSSI Yakin Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Hasil drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 menempatkan Indonesia masu ke Grup A usai AFC menggelar undian pada Kamis di Kuala Lumpur, Malaysia.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  21:06 WIB
Ketum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule - Podcast Deddy Corbuzier
Ketum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule - Podcast Deddy Corbuzier

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 menempatkan timnas Indonesia masuk ke Grup A usai AFC menggelar undian pada Kamis (24/2/2022) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Skuad Garuda akan menghadapi Yordania, Kuwait dan Nepal. Seluruh laga Grup A akan digelar di Kuwait mulai tanggal 8 hingga 14 Juni.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Indonesia berada di grup yang tidak mudah pada ajang ini. Meski begitu, ia optimistis anak asuhan Shin Tae-yong mampu lolos ke Piala Asia 2023.

"Kami yakin dapat bersaing di Grup A meski lawan yang kita hadapi bukan lawan-lawan yang enteng. Pemain harus bekerja keras, fokus dan berjuang demi lolos ke Piala Asia 2023 di China. Apalagi Indonesia sudah lama tidak lolos ke Piala Asia," kata Iriawan.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 dibagi menjadi enam grup dari A hingga F. Juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke Piala Asia 2023.

11 tim itu akan bergabung dengan 13 negara Asia lain yang sudah memastikan tempat di putaran final. 13 tim yang dimaksud adalah tuan rumah putaran final China, Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Iraq, Oman, Vietnam dan Lebanon.

Melihat komposisi grup A, Timnas Indonesia dipastikan harus menghadapi persaingan ketat. Pasalnya skuad Garuda kalah peringkat dari Kuwait maupun Jordania.

Berdasarkan peringkat FIFA, skuad asuhan Shin Tae-yong saat ini menempati posisi ke-160 sementara Kuwait berada di posisi ke-143 dan Jordania di peringkat ke-90. Posisi Indonesia juga tak jauh dari Nepal yang berada di posisi ke-167.

Pasukan Merah Putih terakhir kali berpartisipasi di Piala Asia pada tahun 2007. Itu pun saat Indonesia menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Sayangnya langkah Bambang Pamungkas cs terhenti sejak babak penyisihan grup. Anak asuh Ivan Kolev sempat meraih kemenangan 2-1 atas Bahrain namun kalah dari Arab Saudi dan Korea Selatan pada dua laga berikutnya. 

Sebelum menghadapi kualifikasi ini, Shin Tae-yong masih memiliki banyak tugas. Dia masih harus memimpin pemusatan latihan Timnas U-19 yang akan berlangsung di Korea Selatan pada bulan depan. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga harus mempersiapkan tim untuk bertanding di SEA Games Vietnam pada Mei mendatang.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A akan dimulai pada 8 Juni 2022. Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Kuwait pada laga pertama kemudian menghadapi Jordania dan terakhir melawan Nepal.

Hasil undian Kualifikasi Piala Asia 2023:

Grup A
Kuwait (Tuan Rumah)
Nepal
Indonesia
Jordania

 
Grup B
Mongolia (Tuan Rumah)
Yaman
Filipina
Palestina

Grup C
Uzbekistan (Tuan Rumah)
Sri Lanka
Mala Dewa
Thailand

Grup D
India (Tuan Rumah)
Kamboja
Afghanistan
Hong Kong

Grup E
Malaysia (Tuan Rumah)
Bangladesh
Turkmenistan
Bahrain

Grup F
Kyrgyzstan (Tuan Rumah)
Singapura
Myanmar
Tajikistan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas indonesia

Sumber : PSSI

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top