Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PSSI Ingin Datangkan Edin Dzeko Cs Guna Lawan Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya berkomunikasi dengan federasi sepak bola Bosnia Herzegovina dan Slovakia.
 Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya berkomunikasi dengan federasi sepak bola Bosnia Herzegovina dan Slovakia untuk kemungkinan menghadapi dua negara itu pada laga persahabatan FIFA, Maret 2022.

Bosnia yang ada di peringkat 57 dunia dihuni pemain-pemain kelas dunia seperti Edin Dzeko, Miralem Pjanic hingga Sead Kolasinac.

Sementara Slovakia yang baru saja tampil di Piala Eropa 2020 juga dihuni pemain-pemain yang bermain di klub-klub besar Eropa seperti Milan Skriniar.

"Kami memang mencari lawan yang peringkat FIFA-nya tinggi agar poinnya besar. Selain itu, Indonesia juga akan mendapatkan pengalaman yang bagus," ujar Iriawan di Jakarta, Kamis (10/2).

Meski demikian, purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu menyadari situasi pandemi Covid-19 membuat banyak rencana sulit terealisasi.

Oleh karena itu, PSSI memiliki rencana cadangan andai negara dari Eropa tak bisa melakukan pertandingan persahabatan.

"Mungkin kami akan berkomunikasi dengan negara dari kawasan Asia Timur yang peringkat FIFA-nya jauh di atas kita," tutur Iriawan.

Pada Maret 2022, FIFA menjadwalkan hari pertandingan internasional (FIFA match day) pada 21-29. Setelah itu, hari pertandingan FIFA baru ada lagi sekitar dua bulan kemudian, yaitu pada 30 Mei-14 Juni 2022.

Saat ini, per 10 Februari 2022, peringkat FIFA Indonesia naik ke posisi 160. Timnas Indonesia terus mengalami perbaikan peringkat FIFA sejak Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih pada Desember 2019.

Itu menjadi peringkat FIFA terbaik Indonesia sejak tahun 2019. Ketika Shin Tae-yong pertama kali menangani skuad "Garuda", timnas putra berada di posisi ke-173 FIFA.

Peringkat tersebut memang sempat menurun dua peringkat pada September 2021, tetapi melonjak ke-165 satu bulan kemudian. Lalu, naik ke-164 pada Desember 2021 dan akhirnya bercokol di peringkat ke-160 per 10 Februari 2022.

Meski begitu, para pemeringkatan terkini, untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih berada di bawah Vietnam (peringkat 98), Thailand (112), Filipina (129), Myanmar (152) dan Malaysia (154).

Posisi skuad "Garuda" masih lebih baik daripada Singapura (161), Kamboja (171), Laos (187), Brunei Darussalam (188) dan Timor Leste (198). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper