Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Indonesia vs Timor Leste: Timnas Bangkit dan Bantai Timor Leste

Hasil Indonesia vs Timor Leste akhirnya dimenangkan Timnas Garuda dengan skor telak 4-1 dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Bali, Kamis malam. Gol Indonesia diciptakan Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan.
Timnas Indonesia/PSSI
Timnas Indonesia/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 dalam FIFA Matchday, Kamis(27/1/22) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kick off babak pertama di mulai dari kaki pemain Timor Leste. Indonesia langsung membangun serangan untuk masuk ke lini pertahanan Timor Leste yang bermain dengan pertahanan yang cukup dalam.

Memasuki 5 menit jalannya laga, Indonesia masih mengurung pertahanan Timor Leste yang masih bermain bertahan. Keasikan menyerang, Timor Leste mendapatkan peluang emas ketika Mouzinho dijatuhkan di dekat garing penalti Indonesia. Akan tetapi bola tendangannya masih membentur pagar betis Indonesia.

Tim tamu kembali mendapatkan peluang ketika umpan silang dari lini pertahanan mereka dapat menembus pertahanan Indonesia, sayangnya Paulo Freitas belum dapat memaksimalkan peluang tersebut.

Indonesia langsung merespon, Edo Febrianysyah berhasil menembakan bola ke gawang Timor Leste, namun tendangannya masih dapat diamankan oleh kiper Timor Leste Castro Pereira.

15 menit laga berjalan, Indonesia masih superior bagi Timor Leste dari segi serangan, dan Timor Leste hanya menunggu kesalahan dari Indonesia untuk mekaukan serangan balik.

Indonesia masih menguasai pertandingan sampai menit ke 20, namun skor masih sama kuat 0-0. Dedik mendapatkan peluang emas ketika bola dari Sani Rizki ditendang oleh dirinya ke gawang Timor Leste, sayangnya tendangan Dedik masih membentur tiang gawang.

Timor Leste kembali mengacam gawang Indonesia dari skema serangan balik, namun Freitas belum bisa memanfaatkan bola tersebut menjadi gol. Setelah Freitas, giliran Elias Meaquita yang mengancam gawang Syahrul, namun belum dapat tertuju ke gawang syahrul.

Indonesia mendapatkan peluang emas ketika Dedik mendapatkan umpan yang manja dari Ricky Kambuaya. Namun sayangnya Dedik tidak bisa memaksimalkan bola tersbur menjadi gol padahal gawang Timor Leste sudah kosong.

Timor Leste kembali melakukan serang ke lini pertahanan Indonesia lewat serangan balik hasil dari blunder yang oleh Edo Febriansyah. Namun, Mouzinho belum bisa memaksimalkan umpan dari Freitas.

Petaka menghampiri Indonesia pada menit ke 35. Berawal dari umpang cantik dari gelandang Timor Leste ke Freitas, lalu bola berhasil dimanfaatkan Freitas menjadi gol setelah mengecoh Dewangga dan membuat skor sementara menjadi 1-0 untuk Timor Leste.

Setelah gol tersebut Indonesia bergerak cepat dengan membombardir pertahanan Timor Leste, tapi sayang belum ada yang menjadi gol penyama kedudukan. Indonesia lagi lagi melakukan blunder yang membuat Timor Leste kembali melakukan serangan, namun serangan tersebut dapat diselatmatkan oleh Syahrul.

Memasuki menit ke 40, skor masih sama 1-0 untuk Timor Leste dan membuat jalannya pertandingan menjadi seimbang. Timor Leste justru malah dapat menandingi permainan Indonesia dan membuat jalannya laga menjadi seimbang.

Irfan Jaya sebenarnya berhasil membuat peluang bagi Indonesia dengan tendangan dari luar kotak penalti, namun Castro Pereira dapat menipis tendangan tersebut.

Timor Leste benar benar membuat lini pertahanan Indonesia kocar kacir setelah bola muntahan dari tepisan kiper dimaksimalkan langsung menjadi umpan bagi Freitas. Dengan cepat Freitas langsung menyerang ke gawang Indonesia yang dijaga Syahrul dan Syahrul membuat pelanggaran yang membuat wasit menunjuk titik putih.

Muoziho yang maju sebagai algojo tidak dapat memaksimalkan penalti tersebut dan membuat skor masih 1-0. Sampai peluit babak pertama selesai, skor masih 1-0 buat Timor Leste.

Peluit babak kedua kembali dibunyikan wasit, terdapat beberapa pemain dari kedua negara yang masuk pada babak kedua. Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan, namun belum dapat masuk ke lini pertahanan Timor Leste.

Serangan terus dilakukan oleh skuad Garuda Indonesia, namun sampai menit ke 50 belum ada peluang yang sangat mengancam ke gawang Castro Pereira. Irfan Jaya lagi lagi melakukan shoot ke gawang Pereira, namun pertahanan Timor Leste benar benar ketat .

Lagi dan lagi Irfan jaya berhasil mengancam gawang Timor Leste hasil umpang dari Ronaldo, namun kiper Timor Leste dapat melakukan double save dari sundulan dan tendangan dari Irfan Jaya.

Memasuki satu jam laga berjalan, Indonesia masih membombadir lini pertahanan Timor Leste, namun tim tamu benar benar memiliki pertahanan yang amat solid dan sukar untuk ditembus oleh para pemain Indonesia.

Lini pertahanan Timor Leste benar benar dibuat kerja keras oleh pemain Indonesia di babak kedua ini dengan serangan sporadis dari Indonesia. Bukan hanya sekali, berkali kali para pemain Indonesia melakukan serangan dari kanan, kiri dan tengah, namun belum ada yang menjadi gol.

Penantian Indonesia akhirnya berbuah gol, lewat umpan dari Evan Dimas kearah Ronaldo Kwateh yang langsung melakukan first touch memberikan umpan ke Ricky Kambuaya yang dapat memaksimalkan umpan tersebut menjadi gol dan membuat skor menjadi seimbang 1-1 pada menit ke 65.

Setelah gol dari Ricky Kambuaya, mental Indonesia semakin meningkat dan membuat penyerangan Indonesia kembali mengancam pertahanan Timor Leste. Indonesia benar benar mengancam Timor Leste kini lewat Irfan Jaya. Memanfaatkan bola liar di kotak penalti Timor Leste, tendangannya menyentuh tangan bek Timor Leste dan membuat wasit menunjuk titik putih untuk Indonesia.

Pratama Arhan yang ditunjuk menjadi algojo berhasil memaksimalkan peluang tersebut menjadi gol dan membuat skor menjadi 2-1 untuk Indonesia. Setelah gol kedua ini, Indonesia langsung kembali mengambil inisiatif serangan lagi lewat sisi kiri dari pertahanan Timor Leste, namun belum ada lagi gol yang tercipta.

Pratama Arhan benar benar menjadi bintang pada laga ini, lewat lemparan kedalam sensual miliknya, bola tinggi langsung menuju gawang Timor Leste, dan bola tersebut masuk kedalam gawang setelah sang kiper salah mengantisipasi bole dan mengarah ke gawang sendiri dan membuat skor menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Lagi dan lagi, umpan Pratama Arhan membuat skor menjadi 4-1 bagi Indonesia. Lewat umpan silang dari sisi kanan pertahanan Timor Leste, dirinya melakukan umpan yang membentur punggung dari bek Timor Leste dan membuat bola masuk kegawangnya sendiri.

Setelah gol tersebut, Timor Leste sebenarnya ingin keluar dari tekanan Indonesia, namun lini belakang dan tengah Indonesia bermain solid pada babak kedua ini. Kembali, Indonesia mendapatkan peluang setelah Ronaldo Kwateh dilanggar oleg pemain Timor Leste di sisi kanan Timor Lesta. Marcelino yang mengambil tendangan berhasil mengarahkan bola ke gawang, namun berhasil di selamatkan oleh kiper.

Memasuki 10 menit akhir pertandingan, Timor Leste berhasil keluar dari tekanan Indonesia dan mebuat kedua tim saling jual beli seranga. Namun, sampai peluit panjang dibunyikan skor masih 4-1 bagi keunggulan Indonesia.

Indonesia akan kembali bertemu Timor Leste pada hari Minggu (30/1/22) pada pukul 19.00 WIB

Susunan Pemain Indonesia Vs Timor Leste :

Indonesia (4-2-3-1) : Syahrul Fadil; Sani Rizki, Fachrudin Aryanto, A. Dewangga, Edo Febriansyah(Pratama Arhan, 46); Ricky Kambuaya, Rahmat Irianto (Ahmad Fahrudin, 87); Irfan Jaya (Terens Puhiri, 82), Evan Dimas (Marcelino, 66), Ramai Rumakiek (Ronaldo Kwateh, 46); Dedik Setiawan( Hanis Saghara,46).

Timor Leste (4-3-3) : De Castro Pereira; Filomeno, J. Panji, J. Soares, Guterres; J. Firth (Gumario, 71), Martins Fatima Braz (De Almeida, 46), Moniz Fernandes, E.Mesquita (Nahak Portela, 46); Mouzinho, Paulo Freitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper