Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Offside Da Silva di Laga Lawan Borneo FC, Ini Penjelasan dari Sisi Aturan

Jika kita bedah kejadian offside yang menimpa Da Silva dari peraturan International Football Association Board (IFAB) mengatur khusus tentang "Offside" dalam Pasal 11 Laws of the Game 2021/22.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  13:24 WIB
Kejadian offside David Da Silva di laga Persib vs Borneo FC - Twitter
Kejadian offside David Da Silva di laga Persib vs Borneo FC - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Pertandingan Persib Bandung vs Borneo yang dimenangkan Maung Bandung 1-0 menyisakan cerita yang saat ini sedang ramai dibahas.

Kejadian tersebut yaitu offside yang menimpa David Da Silva pada menit 75 ketika Persib sedang melakukan serangan balik. Dalam tayangan ulang, Da Silva masih berada di daera sendiri saat menerima umpan dari rekannya.

Da Silva yang langsung lari ke daerah pertahanan lawan kemudian dianggap offside oleh hakim garis. Da Silva dan pelatih Persib, Rene Alberts menunjukkan ekspresi tidak percaya dan kesal dengan keputusan tersebut.

Jika kita bedah kejadian offside yang menimpa Da Silva dari peraturan International Football Association Board (IFAB) mengatur khusus tentang "Offside" dalam Pasal 11 Laws of the Game 2021/22. Ayat 1 membahas tentang "Posisi Offside" yang menjelaskan bahwa:

Seorang pemain berada dalam posisi offside jika, setiap bagian dari kepala, badan, atau kaki berada di setengah lapangan lawan (tidak termasuk garis tengah) dan setiap bagian dari kepala, badan, atau kaki yang lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan lawan kedua terakhir.

Tangan dan lengan semua pemain, termasuk penjaga gawang, tidak diperhitungkan. Untuk keperluan penentuan offside, batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak.

Seorang pemain tidak dalam posisi offside jika sejajar dengan lawan kedua terakhir atau Dua lawan terakhir.

Kemudian peraturan seorang pemain tidak berada dalam posisi off side jika berada di daerah permainannya sendiri, pemain tersebut sejajar dengan pemain lawan yang kedua terakhir dan sejajar dengan dua pemain lawan terakhir.

Pemain juga tidak dalam posisi posisi off side jika menerima bola langsung dari tendangan gawang, menerima bola langsung dari tendangan sudut, dan menerima bola langsung dari lemparan ke dalam.

Jadi, berdasarkan aturan yang ada, David da Silva seharusnya tidak bisa dinyatakan melakukan pelanggaran offside. Sebab, saat umpan dilepaskan rekannya, Da Silva masih berada di daerah permainannya sendiri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga indonesia persib
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top