Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Indonesia Vs Malaysia: Punya Rekor Bagus, Malaysia Tidak Jumawa

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, tak mau jumawa soal dua kemenangan yang dikantongi timya atas Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.
Timnas Malaysia/AFF
Timnas Malaysia/AFF

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, tak mau jumawa soal dua kemenangan yang dikantongi timya atas Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurut dia, laga di Piala AFF 2020 pada Grup B besok akan berbeda.

Cheng Hoe mendapatkan pertanyaan soal apakah dua kemenangan itu membuat skuadnya lebih percaya diri untuk kembali meraih tiga angka. Si pelatih pun menjawab bahwa hasil tersebut tak akan banyak berpengaruh pada laga besok.

Menurut dia, beban pada laga kali ini berbeda dari dua laga terakhir mereka kontra Timnas Indonesia. Malaysia harus meraih kemenangan untuk memastikan lolos ke babak semifinal.

Dia juga menilai Timnas Indonesia saat ini berbeda dari tim yang mereka hadapi pada 2019. Keberadaan Pelatih Shin Tae-yong, menurut dia, membuat Indonesia saat ini lebih kuat dari sebelumnya. Selain itu dia juga menyatakan bahwa para pemain yang dibawa saat ini berbeda dari yang mereka hadapi.

"Ini jelas tantangan, tetapi para pemain harus mengatasi tekanan. Situasi melawan Indonesia sekarang agak berbeda," ujar Cheng Hoe dalam konferensi pers virtual, Sabtu (18/12).

"Mereka memiliki pelatih baru dengan tim baru dan pemain bebeda. Kami berhadap dengan kerja sama tim semangat yang tinggia kami bisa mendapatkan hasil yang baik."

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Malaysia memang sempat dua kali mengalahkan Timnas Indonesia. Mereka mengantongi kemenangan 3-2 pada pertemuan pertama dan 2-0 pada pertemuan kedua. Pada laga itu Timnas Indonesia masih ditangani oleh Simon McMenemy dan Yeyen Tumena. 

Skuad Timnas Indonesia saat itu juga sangat berbeda dari yang turun pada Piala AFF 2020 kali ini. Hanya Evan Dimas, Irfan Jaya dan Victor Igbonefo yang sempat dibawa oleh Simon McMenemy dan masih dipertahankan oleh Shin Tae-yong. 

Selain karena perubahan di Timnas Indonesia, Cheng Hoe juga masih akan kehilangan dua bek tengah andalannya, Shahrul Saad dan Aidil Zafuan Radzak, yang mengalami cedera pada laga kontra Vietnam. Kabar baiknya, Cheng Hoe mendapatkan tambahan tenaga karena bek Dion Cools yang merumput di klub Denmark FC Midtjylland telah bergabung bersama mereka sejak Jumat kemarin.

Meskipun mengakui bahwa kehadiran Dion Cools sangat krusial, Cheng Hoe menyatakan bahwa mereka tak akan bergantung pada satu dua pemain saja untuk menghadapi Timnas Indonesia. Menurut dia, seluruh pemain di skuad Malaysia harus bermain sama baiknya.

"Dion Cools sudah berlatih bersama kami kemarin. Dia sangat penting, tentu saja kami tak bisa hanya mengandalkan satu pemain saja. Semua pemain penting untuk menghadapi Indonesia," kata dia.

"Dengan skuad berkekuatan penuh saya yakin kami akan bisa lebih kuat dalam hal kepercayaan diri. Kami membutuhkan semua pemain bisa tampil pada laga besok."

Dion Cools diprediksi akan tampil bersama Dominic Tan sebagai duet pagar di depan gawang Timnas Malaysia. Dominic sebelumnya mendapatkan banyak kritikan pada laga kontra Vietnam. Dia dianggap bermain buruk sehingga mereka kebobolan tiga gol.

Soal kritikan terhadap pemainnya itu, Cheng Hoe, menilai sebagai hal yang lumrah. Menurut dia, seorang pesepakbola harus bisa menghadapi tekanan besar untuk bisa berkembang.

"Sepak bola adalah soal tekanan, jika tidak bisa mengatasi tekanan maka tidak bisa berkembang ke level berikutnya. Saya harap, dia siap untuk bermain baik di setiap laga," kata Cheng Hoe.

Laga Malaysia vs Indonesia pada Ahad besok akan menentukan satu tiket ke babak semifinal Piala AFF 2020. Timnas Indonesia memiliki peluang lebih besar karena hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos sementara Malaysia harus menang karena sempat mengalami kekalahan dari Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper