Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Drawing Liga Champions Babak 16 Besar, Jadwal, Prediksi Hasil

Drawing babak 16 besar Liga Champions akan berlangsung Senin (13/12/2021) ini di Nyon, Swiss.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  14:11 WIB
Trofi Liga Champions - Reuters
Trofi Liga Champions - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Drawing babak 16 besar Liga Champions akan berlangsung Senin (13/12/2021) ini di Nyon, Swiss.

Undian akan dimulai 12.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Laman UEFA akan menayangkan proses pengundian secara langsung di link ini. 

Nantinya, undian diikuti 16 tim, yang dibagi dalam dua kelompok, unggulan dan non-unggulan. Pot unggulan diisi juara grup dan non-unggulan ditempati runner-up.

Unggulan:
Ajax Amsterdam (Belanda)
Bayern Munchen (Jerman)
Juventus (Italia)
Liverpool (Inggris)
LOSC Lille (Prancis)
Manchester City (Inggris)
Manchester United (Inggris)
Real Madrid (Spanyol).

Non-unggulan:
Atlético Madrid (Spanyol)
Benfica (Portugal)
Chelsea (Inggris)
Inter Milan (Italia)
Paris Saint-Germain (Prancis)
RB Salzburg (Austria)
Sporting Lisbon (Portugal)
Villarreal (Spanyol).

Sistem dan Aturan Undian

Tim dari kelompok unggulan akan diundi dan bertemu dengan tim dari kelompok non-unggulan. Ada dua aturan dasar dalam undian tersebut. Tim dari negara sama tak akan bertemu. Tim juga tak bisa bertemu dengan lawan yang berasal dari grup sama.

Berbagai Skenario Hasil Undian

Banyak skenario yang memungkinkan terciptanya laga besar dengan komposisi unggulan dan sistem pengundian yang ada. Kehadiran PSG, Inter Milan, dan Atletico Madrid, dan Chelsea di pot non-unggulan memungkinkan terciptanya partai-partai menarik.

Chelsea, yang merupakan juara bertahan, bisa bertemu Bayern Munchen, Real Madrid, atau Ajax Amsterdam. PSG, yang diperkuat Lionel Messi, hanya terhindar dari Manchester City dan Lille. Mereka masih mungkin menghadapi Bayern Munchen, Real Madrid, Liverpool, Manchester United, Juventus, dan Ajax Amsterdam.

Atletico Madrid bisa bertemu dengan Bayern Munchen, Manchester United, Manchester City, Juventus, Ajax Amsterdam, dan Lille. Sedangkan Inter Milan berpeluang bertemu dengan Bayern Munchen, Manchester United, Manchester City, Liverpool, Ajax Amsterdam, dan Lille.

Jadwal Babak 16 Besar 

Babak 16 besar akan berlangsung dua laga, kandang dan tandang. Tim yang menjadi unggulan akan menjalani laga kandang pada pertemuan kedua.

Leg pertama dijadwalkan digelar pada 15, 16, 22, dan 23 Februari 2022. Sedangkan laga kedua pada 8, 9, 15, dan 16 Maret 2022.

Untuk babak perempat final hingga final Liga Champions masih akan dilakukan pengundian kembali, yang akan dilakukan sekaligus pada 18 Maret 2021.

Hal Baru Musim Ini

Di Liga Champions musim ini, peraturan gol tandang yang selama ini dipakai akan ditinggalkan. Karena itu kemenangan kandang dan tandang akan dihargai sama. Bila skor imbang terjadi setelah dua leg dilakukan, akan dilakukan babak perpanjangan waktu (2 x 15 menit). Bila skor masih sama akan dilakukan adu penalti.

Lokasi dan Jadwal Final

Gazprom Arena, yang merupakan markas Saint Petersburg (Rusia), akan jadi tuan rumah partai final Liga Champions 2021/22. Pertandingannya dijadwalkan akan berlangsung pada 28 Mei 2022.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top