Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Indonesia vs Laos, Komentar Pelatih, Formasi, Preview

Indonesia akan bertemu Laos di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore.
Evan Dimas dan pemain Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2020/PSSI
Evan Dimas dan pemain Timnas Indonesia lainnya di Piala AFF 2020/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akan bertemu Laos di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore.

Pertandingan lawan Laos adalah laga kedua bagi skuad Garuda di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 ini dimulai 16.30 WIB atau 17.30 waktu setempat dan disiarkan langsung RCTI dan iNews TV.

Setelah kemenangan 4-2 atas Kamboja di laga pertama pada Kamis lalu, Indonesia berada di urutan kedua klasemen grup dengan tiga poin, di bawah Malaysia yang mengemas enam poin dari dua pertandingan.

Evan Dimas dan rekan-rekannya diharapkan bisa meraih kemenangan atas Laos sebelum menghadapi Vietnam dan Malaysia pada Rabu dan Minggu pekan depan, demi menjaga peluang lolos ke semifinal.

Skuad Garuda mempu melewati pertandingan pertama dengan kemenangan meski masih ada kekurangan. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai penampilan anak asuhnya di laga tersebut masih belum seperti yang dia inginkan.

Indonesia mencetak gol cepat melalui Rachmat Irianto pada menit ke-4. Gol ini tercipta dari sepak pojok yang dilakukan Evan Dimas yang diteruskan dengan sundulan kepala Rachmat Irianto.

Evan Dimas menggandakan keunggulan pada menit ke-17. Kapten timnas Indonesia mampu menyelesaikan dengan baik umpan yang dikirim Pratama Arhan.

Pada menit ke-33, Rachmat Irianto mencetak gol keduanya. Seperti gol pertamanya, dia menjebol gawang Kamboja melalui sundulan kepala. Namun, kali ini, sepak pojok dilakukan oleh Pratama Arhan.

Namun, hanya selang empat menit setelah gol ketiga itu, Kamboja mampu mencetak gol balasan untuk memperkecil ketertinggalan lewat Yue Safy. Dia mencetak gol melalui sundulan setelah menerima umpan dari tendangan sepak pojok yang dilakukan S. Keo.

Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 3-1. Di babak kedua, Ramai Rumakiek yang masuk menggantikan Irfan Jaya, mencetak gol keempat Indonesia.

Sementara, Kamboja mencetak gol keduanya melalui aksi tendangan bebas Prak Mony Udom pada menit ke-60. Bola sepakannya yang melambung mengarah ke gawang Indonesia tak mampu ditepis kiper Syahrul Trisna Fadillah.

Rotasi pemain

Shin Tae-yong bakal merotasi pemain saat menghadapi Laos. Juru taktik asal Korea Selatan ini tidak akan memulai dengan kuartet Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo dan Asnawi Mangkualam, seperti laga sebelumnya.

Shin Tae-yong memastikan Pratama Arhan tidak akan bertanding melawan Laos karena cedera. Dia mengalami cedera saat melawan Kamboja. Ketika itu, dia ditarik keluar pada menit ke-41.

Sebagai penggantinya, pelatih timnas Indonesia itu kemungkinan akan menugaskan Mohamad Edo Febriansyah. Selain itu, bek tengah Elkan Baggott yang mempunyai tinggi badan 1,94 meter, berpotensi kembali memperkuat skuad Garuda.

Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott. (Instagram/@elkanbaggott)

Elkan Baggott melewatkan pertandingan pertama melawan Kamboja karena baru tiba di Singapura. Namun, pemain klub Inggris, Ipswich Town itu sudah berlatih penuh bersama timnas Indonesia dan menyatakan siap bertempur di Piala AFF 2020.

Penjaga gawang, Muhammad Riyandi, berpeluang menjadi pilihan utama di depan Syahrul Trisna Fadillah yang sebelumnya dimainkan sebagai starter melawan Kamboja.

Di lini tengah dan depan, Shin Tae-yong juga mungkin melakukan perubahan. Penyerang Ramai Rumakiek yang sebelumnya mencetak gol saat diturunkan sebagai pemain pengganti, berpotensi dimainkan sebagai starter.

Gelandang Syahrian Abimanyu juga berpotensi tampil sejak menit awal jika pelatih Korea Selatan itu ingin melakukan perubahan di lini tengahnya.

Dalam laga ini, timnas Indonesia kemungkinan bermain dengan lebih dari satu penyerang untuk bisa mendapatkan banyak gol seperti yang diinginkan Shin Tae-yong.

Komentar pelatih Indonesia dan Laos:

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berharap timnya menang besar atas Laos. "Pemain harus memanfaatkan semua peluang karena ada kemungkinan kelolosan dari fase grup ditentukan oleh selisih gol. Jadi saya mau pemain membuat banyak gol," ujarnya, Sabtu, 11 Desember 2021.

Ia menegaskan tidak akan ada perubahan dalam cara bermain tim asuhannya. "Saya akan meminta pemain menyerang karena haus gol dan mencetak gol sebanyak mungkin, serta terus menekan dan mengontrol bola."

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, secara kualitas, Indonesia lebih baik dibandingkan Laos. Sejauh ini Laos sudah dua kali kalah di Grup B, dari Vietnam dan Malaysia, dengan total kebobolan enam gol dan belum memasukkan gol. Hasil tersebut membuat Laos menjadi juru kunci di klasemen sementara Grup B. Di hari yang sama, ketika Indonesia menghadapi Laos, Malaysia akan melawan Vietnam.

"Yang penting, besok, pemain harus fokus dan kerja keras di lapangan," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Meski di atas kertas timnya diunggulkan, pria berusia 52 tahun itu berharap skuad Garuda tidak menganggap remeh lawan. Ia pun menginstruksikan kepada Evan Dimas dan kawan-kawan untuk tampil sesuai dengan taktik pelatih dan eksplosif sepanjang pertandingan.

Shin Tae-yong tidak mau situasi seperti saat bersua Kamboja terulang. Ketika itu, mereka bermain menekan mulai dari awal pertandingan dan membahayakan lawan. Namun, fisik pemain menurun di babak kedua sehingga kebobolan.

Sementara itu, pelatih Laos, Vengadalam Selvaraj, menyadari timnas Indonesia bukan lawan yang mudah dihadapi. Ia akan berusaha memotivasi para pemainnya.

"Kami memiliki pemain berkualitas dan kepercayaan pada tim. Jika saja saya memiliki lebih banyak waktu dengan para pemain, maka segalanya bisa berbeda, tetapi saya mendengar komentar tentang skuad kami dan itu akan saya sampaikan kepada para pemain untuk menggunakannya sebagai motivasi," tutur Selvaraj.

"Indonesia adalah tim yang sangat bagus, terorganisasi dengan baik, mereka bermain dengan energi, intensitas dan mereka bermain menekan sepanjang waktu, tetapi kami punya rencana permainan dan akan mencoba mengeksekusinya dengan percaya diri dan keyakinan."

Prediksi susunan pemain Indonesia vs Laos:

Indonesia (4-1-4-1) : Muhammad Riyandi; Mohamad Edo Febriansyah, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Witan Sulaeman; Ezra Walian.

Laos (3-4-2-1) : K. Souvannasangso; T. Inthavong, M. Saitaifah, A. Siphongphan; N. Chanhthalangsy, M. Pgetphakdy, P. Khochalern, X. Phommsavanh; B. Bounkong, S. Vongchiengkham; B. Ketkeophomphone

Prediksi Hasil Indonesia vs Laos:

Evan Dimas dan rekan-rekannya akan bermain menekan sejak menit-menit awal seperti yang ditampilkan saat mengalahkan Kamboja 4-2, sesuai dengan instruksi pelatih Shin Tae-yong yang ingin skuadnya mencetak gol banyak.

Laos yang sebelumnya kalah 2-0 dari Vietnam dan 4-0 dari Malaysia, harus bekerja keras untuk bisa menghalau serangan yang dibangun skuad Garuda. Namun, seperti yang diungkapkan pelatih Selvaraj, mereka akan bermain dengan rencana permainan untuk mengatasi tekanan dari pasukan Shin Tae-yong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper