Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tersingkir dari Liga Champions, Barcelona Kehilangan Pemasukan Ratusan Miliar Rupiah

Barcelona disebut menderita kerugian finansial besar karena tersingkir dari Liga Champions musim ini sejak babak penyisihan grup.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  10:10 WIB
Ilustrasi - Liga sepak bola. -  Antara
Ilustrasi - Liga sepak bola. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona disebut menderita kerugian finansial besar karena tersingkir dari Liga Champions musim ini sejak babak penyisihan grup. Kerugian itu tak akan tertutupi meskipun mereka berhasil memenangkan Liga Europa.

Media Spanyol Sport menyebutkan bahwa Barca kehilangan pendapatan minimal 20,2 juta euro atau sekitar Rp 325 miliar karena tersingkir sejak babak penyisihan grup. Nilai sebesar itu merupakan pendapatan yang bisa didapatkan Barcelona jika minimal mereka melaju hingga babak perempat final.

Kerugian itu dianggap tak akan tertutupi meskipun mereka bisa meraih gelar juara Liga Europa musim ini. Juara Liga Europa, menurut laporan itu, bisa meraih 14,9 juta euro atau sekitar Rp 242 miliar.

Barca disebut telah mendapatkan 15,64 juta euro atau sekitar Rp 254 miliar karena bermain di babak penyisihan grup Liga Champions. Nilai itu belum termasuk dari penjualan tiket dan pendapatan pada hari pertandingan lainnya.

Kegagalan Barca melaju ke babak 16 besar Liga Champions, menurut laporan itu, merupakan yang terburuk dalam sejarah mereka 20 tahun terakhir. Sebelumnya Blaugrana selalu mencapai minimal babak perempat final.

Hal itu diprediksi akan berdampak kepada kekuatan finansial Barca musim depan. Dengan kehilangan pendapatan cukup besar, mereka diprediksi akan kembali sulit untuk membeli pemain bintang.

Padahal Pelatih Xavi Hernandez berencana melakukan perombakan skuad. Dia ingin Barca mendatangkan pemain nyaris di semua posisi. Di lini depan, Xavi membutuhkan seorang penyerang yang minimal bisa mencetak 20 gol dalam semusim.

Di lini belakang, dia harus memikirkan cara untuk menambal pertahanan karena Gerard Pique, Clement Lenglet dan Samuel Umtiti sudah sulit untuk diandalkan. Praktis dia hanya memiliki Ronald Araujo yang bisa dianggap calon bek tengah masa depan sementara Eric Garcia belum menunjukkan kemampuannya.

Xavi juga berencana memboyong satu bek kanan baru karena hanya memiliki Sergino Dest di posisi tersebut. Lini tengah merupakan posisi paling aman karena Xavi memiliki banyak stok pemain bagus dari akademi La Masia seperti Nico Gonzalez dan Gavi.

Barcelona dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions setelah menelan kekalahan 0-3 dari Bayern Munchen. Mereka disalip oleh Benfica yang pada laga lainnya meraih kemenangan 2-0 atas Dynamo Kiev.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Champions Barcelona

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top