Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman, Spanyol, dan Kroasia

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa menghadirkan laga timnas Jerman, Spanyol, dan jug Kroasia yang suanya meraih kemenangan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 November 2021  |  08:36 WIB
Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman, Spanyol, dan Kroasia - Antara
Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Dunia 2022: Jerman, Spanyol, dan Kroasia - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Jerman menghabisi Liechtenstein sembilan gol tanpa balas untuk meraih kemenangan 9-0 dalam lanjutan Grup J Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Volskwagen Arena, Jumat (12/11/2021).

Jerman, yang sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, mendapat keuntungan besar saat bek Liechtenstein Jens Hofer menerima kartu merah hanya sembilan menit setelah laga berlangsung.

Hofer secara ceroboh mengangkat kakinya terlalu tinggi saat berebut bola udara di dalam kotak terlarang dan berakhir menendang wajah Leon Goretzka sehingga wasit Ivana Martincic tak punya pilihan selain mengganjar kartu merah dan menghadiahi Jerman tendangan penalti.

Ilkay Gundogan sukses menjadi algojo untuk membuka keunggulan Jerman pada menit ke-11.

Lantas pada menit ke-20 Jerman memaksa Daniel Kaufmann mencetak gol bunuh diri kala berusaha menghalau umpan tarik Christian Guenter.

Gol itu segera disusul dua gol beruntun yang dicetak Leroy Sane serta Marco Reus demi membuat Jerman memimpin 4-0 saat pertandingan belum genap berusia 23 menit.

Keunggulan 4-0 yang bertahan hingga turun minum ditambah gol kedua Sane pada menit ke-49 saat sayap Bayern Muenchen itu menyelesaikan umpan tarik Reus.

Lantas dalam 15 menit terakhir waktu normal Thomas Mueller mencetak dua gol mengapit gol cantik Ridle Baku untuk memperlebar lagi keunggulan Jerman 8-0.

Kemenangan Jerman dilengkapi oleh sebuah gol bunuh diri lainnya yang dicetak Maximilian Goeppel saat ia berusaha menghalau umpan tarik berbahaya kiriman Baku semenit jelang bubaran normal.

Jerman kini mengoleksi 24 poin di puncak klasemen Grup J, demikian catatan laman resmi UEFA.

Satu pertandingan Grup J lainnya yang berlangsung bersamaan memperlihatkan Rumania ditahan imbang Islandia 0-0.

Akibatnya Rumania harus puas tertahan di urutan ketiga dengan 14 poin setelah disalip Makedonia Utara (15) yang menang di laga lebih awal.

Hanya saja, Rumania memiliki keuntungan cuma menghadapi Liechtenstein si juru kunci dalam laga pemungkas pada Minggu (14/11) sedangkan Makedonia Utara bertemu Islandia.

Sementara itu Jerman akan menutup penampilan di babak kualifikasi dengan bertandang ke Armenia pada hari yang sama.

Hasil Kroasia vs Malta

Tim nasional Kroasia terus menjaga asa mendapatkan tiket otomatis Piala Dunia 2022 seusai melumat tuan rumah Malta 7-1 dalam lanjutan Grup H kualifikasi zona Eropa di Stadion Nasional, Ta'Qali, Jumat (12/11).

Para pemain Kroasia sebetulnya mengemas delapan gol dalam pertandingan kali ini, sayangnya salah satunya menjadi gol bunuh diri yang dicetak Marcelo Brozovic pada menit ke-31.

Sebelum gol bunuh diri Brozovic, Kroasia sudah memimpin 2-0 berkat gol-gol Ivan Perisic dan Duje Caleta-Car.

Kroasia menutup babak pertama dengan keunggulan meyakinkan 4-1 setelah Mario Pasalic dan Luka Modric turut membobol gawang Malta sebelum turun minum.

Delapan menit babak kedua berjalan, Kroasia sudah menambah dua gol lagi melalui sontekan jarak dekat Lovro Majer dan tembakan luar kotak penalti Andrej Kramaric.

Majer mencetak gol keduanya pada menit ke-64 untuk melengkapi kemenangan Kroasia jadi 7-1 saat ia memanfaatkan umpan terobosan kiriman Marko Livaja.

Kemenangan membuat Kroasia yang berada di posisi kedua klasemen kini mengoleksi 20 poin atau hanya tertinggal dua poin di belakang Rusia yang juga menang dalam laga lebih awal, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil kontra Malta juga menciptakan final kecil bagi Kroasia yang selanjutnya akan menjamu Rusia dalam pertandingan pemungkas di Stadion Poljud, Split, pada Minggu (14/11).

Pertandingan Grup H lainnya yang berlangsung bersamaan antara Slovakia melawan Slovenia berakhir dengan skor imbang 2-2 di Stadion Anton Malantinsky, Tranava.

Kedua tim sudah tak memiliki peluang lolos otomatis maupun tiket babak playoff dan tertahan di urutan ketiga serta keempat, sama-sama memiliki 11 poin.

Hasil Yunani vs Spanyol

Tim nasional Spanyol merebut puncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa seusai membekuk Yunani 1-0 dalam laga lanjutan di Stadion Olimpiade Athena, Jumat (12/11).

Pablo Sarabia menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Spanyol yang mengangkat posisi tim besutan Luis Enrique itu ke puncak dengan raihan 16 poin, unggul satu poin atas Swedia (15) yang kalah di laga lebih awal.

Sementara bagi Yunani, kekalahan itu memastikan mereka tak lagi berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022, meski masih memiliki satu laga sisa yang belum dijalani.

Yunani tertahan di posisi ketiga dengan sembilan poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Tuan rumah sebetulnya sempat menyarangkan bola ke gawang Spanyol melalui Giorgos Masouras pada menit ke-21, tetapi gol itu dianulir karena offside.

Nasib buruk Yunani berlanjut sebab tiga menit kemudian tim tamu justru memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Inigo Martinez jatuh di dalam kotak terlarang dalam perebutan bola liar bersama Dimitris Giannoulis.

Protes para pemain Yunani tak digubris wasit Szymon Marciniak dan Sarabia yang jadi algojo dengan tenang memperdaya kiper Odisseas Vlachodimos demi membawa Spanyol memimpin pada menit ke-26.

Spanyol hampir menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-36 tetapi Vlachodimos melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan keras Alvaro Morata untuk mementahkan bola ke mistar gawang.

Yunani memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-79 lewat situasi tendangan bebas yang dikirimkan Kostas Tsimikas, tetapi sundulan Georgios Tzavellas malah melenceng tipis di sisi gawang.

Spanyol hampir melengkapi kemenangan mereka pada menit keempat injury time, tetapi Vlachodimos sekali lagi melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Rodrigo Moreno ke mistar gawang.

Sayangnya Yunani tetap gagal meraih poin dan harus melupakan mimpi tampil di putaran final Piala Dunia 2022, sementara Spanyol semakin terbuka peluangnya mendapat tiket otomatis.

Spanyol akan melakoni laga krusial saat menjamu Swedia di La Cartuja pada Minggu (14/11) besok, guna menentukan siapa yang lolos otomatis dan siapa yang harus mengikuti fase playoff.

Hasil Georgia vs Swedia

Tim nasional Rusia sukses menggasak Siprus 6-0 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ketika di laga lain yang berlangsung bersamaan Swedia dipecundangi 0-2 oleh Georgia.

Menjamu Siprus di Stadion Saint Petersburg, Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Rusia menang telak atas juru kunci klasemen Grup H tersebut guna memantapkan posisi mereka di puncak.

Pemain sayap Aleksandr Yerokhin membawa Rusia unggul cepat saat pertandingan baru berusia empat menit lewat sontekan jarak dekatnya.

Rusia melanjutkan pesta gol mereka di babak kedua melalui Fedor Smolov, Andrey Mostovoy, Aleksey Sutormin dan Anton Zabalotny ke gawang Siprus.

Yerokhin kembali mencetak gol tiga menit jelang bubaran waktu normal untuk menggenapi kemenangan 6-0 yang dibukukan Rusia.

Hasil itu membuat Rusia semakin mantap di puncak klasemen Grup H dengan koleksi 22 poin, unggul lima poin atas Kroasia (17) yang baru main lebih larut, demikian catatan laman resmi UEFA.

Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Batumi Arena, Georgia sukses menciptakan kejutan menjungkalkan pemuncak klasemen sementara Grup B, Swedia, dengan skor 2-0.

Gelandang serang Khvicha Kvaratskhelia memborong dua gol kemenangan Georgia kendati mereka relatif lebih banyak ditekan oleh tamunya sepanjang laga.

Walau menang, nasib Georgia tak berubah sebab mereka sudah menuntaskan semua pertandingan di Grup B dan dipastikan tak berpeluang untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 maupun fase playoff.

Georgia tetap menempati urutan keempat dengan tujuh poin, sedangkan Swedia (15) kini posisinya terancam disalip oleh Spanyol (13) yang baru main di laga lebih larut.

Di Stadion Olimpiade Baku, tuan rumah Azerbaijan harus mengakui keunggulan Luksemburg yang meraih kemenangan 3-1 untuk lanjutan Grup A.

Azerbaijan dipastikan menjadi juru kunci klasemen Grup A setelah hanya mengumpulkan satu poin dari delapan pertandingan, sedangkan Luksemburg (9) juga tak punya peluang lolos lagi dan menempati peringkat ketiga meski masih memiliki satu laga untuk dimainkan.

Di Grup J, Makedonia Utara menjaga asa mereka untuk memperoleh satu tiket babak playoff setelah melumat Armenia 5-0 dalam lawatan ke Stadion Vazgen Sargsyan Republican, Yerevan.

Makedonia Utara sementara naik ke posisi kedua dengan koleksi 15 poin, mengungguli Rumania (13) yang baru main lebih larut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jerman timnas spanyol piala dunia 2022 Timnas Kroasia

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top