Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai Melatih, Xavi Keluarkan Aturan Baru di Barcelona

Xavi Hernandez mulai menjalankan tugasnya sebagai pelatih Barcelona, Selasa. Ia memompa semangat pemain juga menggariskan aturan baru yang akan berlaku di bawah arahannya.
Manajer Barcelona, Xavi Hernandez/Marca
Manajer Barcelona, Xavi Hernandez/Marca

Bisnis.com, JAKARTA - Xavi Hernandez mulai menjalankan tugasnya sebagai pelatih Barcelona, Selasa (9/11/2021). Ia memompa semangat pemain juga menggariskan aturan baru yang akan berlaku di bawah arahannya.

Xavi baru ditunjuk Barcelona menggantikan Ronald Koeman yang dipecat. Ia sudah diperkenalkan kepada suporter Barca di Camp nou, Senin (8/11). Sehari kemudian ia mulai memimpin latihan.

Saat diperkenalkan, Xavi menjelaskan bahwa ia bermaksud untuk memberlakukan aturan dan disiplin di dalam skuad untuk bersaing di level tertinggi. Dalam latihan pertama ia sudah membuktikan hal itu.

Latihan dijadwalkan baru dimulai pukul 11:00. Tapi, ia sudah datang ke Ciutat Esportiva sejak 08.30 untuk mempersiapkan diri.

Ketika sesi latihan dimulai, ia dan jajaran pelatih di bawahnya diperkenalkan oleh Presiden Klub Joan Laporta di ruang ganti. Laporta saat itu menekankan ambisi klub musim ini.

“Kami siap berjuang untuk semua trofi. (Gelar) liga tidak di luar jangkauan," kata dia.

Dalam latihan itu banyak pemain yang absen karena tugas internasional. Pemain yang tampak hadir adalah Inaki Pena, Neto, Oscar Mingueza, Samuel Umtiti, Riqui Puig, dan Luuk de Jong. Pemain yang cedera ikut hadir, termasuk Gerard Pique, Martin Braithwaite, Eric Garcia, Ansu Fati, dan Ousmane Dembele.

Untuk melengkapi tim Xavi memanggil Comas, Mika Marmol, Alvaro Sanz, Ez Abde, Jutgla, Aranda, dan Akhomach dari Barcelona B.

Dalam pertemuan santai dengan para pemain, Xavi menekankan aturan yang akan diterapkan. Ia menekankan soal perlunya tepat waktu juga membangun chemistri, termasuk dengan sarapan dan makan siang bersama. Ia juga menyatakan akan mengembalikan denda atas setiap keterlambatan pemain.

Mantan pelatih Al-Sadd itu juga menjelaskan filosofi permainannya kepada pemain. Ia menuntut penguasaan bola, permainan posisional, tekanan tinggi, dan bermain dari belakang.

“Anda harus percaya pada diri Anda sendiri,” kata Xavi, seperti dikutip Marca.

"Apa yang terjadi di Vigo (melawan Celta Vigo) tidak boleh terjadi. Anda harus selalu waspada; tidak boleh unggul 3-0 di babak pertama dan berakhir imbang."

Di ruang ganti, Xavi menyapa dan menyalami pemain satu per satu. Interaksinya dengan Ousmane Dembele tampak lebih intens. Sehari sebelumnya, Xavi dengan jelas menyatakan hasratnya untuk mempertahankan pemain itu.

Setelah perkenalan di ruang ganti itu, Xavi kemudian memimpin para pemain.

Xavi masih akan memimpin sesi latihan berikutnya pekan ini, yakni pada Rabu, Kamis, dan Jumat. Setelah pemain akan menjalani libur akhir pekan.

Pertandingan pertama pelatih Barcelona di bawah Xavi akan berlangsung pada Sabtu, 20 November. Mereka akan melawan Espanyol di Camp Nou.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper