Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Copa America : Uruguay & Paraguay Lolos, Cile vs Brasil di 8 Besar?

Uruguay dan Paraguay memastikan lolos ke perempat final Copa America 2021 setelah mencatat kemenangan masing-masing 2-0 dalam pertandingan pada Jumat (25/6/2021) pagi WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 Juni 2021  |  09:45 WIB
Dua penyerang andalan Timnas Uruguay, Edinson Cavani (kiri) dan Luis Suarez./Reuters - Ricardo Moraes
Dua penyerang andalan Timnas Uruguay, Edinson Cavani (kiri) dan Luis Suarez./Reuters - Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA – Uruguay dan Paraguay lolos ke babak 8 besar Copa America 2021 setelah memenangkan pertandingan matchday keempat Grup A pada Jumat (25/6/2021) pagi WIB.

Uruguay yang bermain jauh dari efektif dan efisien masih bisa memetik kemenangan 2–0 atas Bolivia di Arena Pantanal di Cuiaba, sedangkan Paraguay mengatasi Cile juga dengan skor 2–0 di Stadion Nasional Mane Garrincha di Brasilia, ibu kota Brasil.

Uruguay versus Bolivia berjalan dalam tempo lambat dan membosankan dengan Uruguay membuang banyak peluang termasuk peluang “logam mulia” yang gagal dimanksimalkan menjadi gol oleh Maxi Gomez walaupun gawang Bolivia sudah kosong melompong ditinggalkan penjaga gawang Carlos Lampe.

Meski bermain buruk, karena Bolivia sekarang memang tim terlemah di Amerika Selatan, bahkan kualitasnya di bawah Venezuela yang belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia, mudah saja Edinson Cavani dan kawan-kawan untuk meraih kemenangan.

Itu kemenangan pertama Los Celeste alias Biru Langit pada tahun ini dan kemenangan pertama setelah melalui lima pertandingan sebelumnya tanpa menang dengan hasil tiga imbang dan dua kalah.

Dengan kemenangan itu, Uruguay mendulang nilai 4 dan dipastikan finis minimal di posisi keempat di antara lima tim sehingga lolos ke perempat final.

Turnamen kali ini dibagi menjadi dua grup dengan setiap grup berisi lima tim. Grup A berisikan Argentina, Bolivia, Cile, Paraguay, dan Uruguay, sedangkan di Grup B akan bertarung Brasil, Ekuador, Kolombia, Peru, dan Venezuela.

Dari setiap grup, empat tim teratas melaju ke fase knock out 8 besar atau perempat final dan hanya satu tim yang yang menjadi juru kunci yang langsung tersingkir.

Di 8 besar juara Grup A jumpa peringkat keempat Grup B dan sebaliknya juara Grup B bertemu peringkat keempat Grup A. Sementara itu, runner-up Grup A melawan peringkat ketiga Grup B dan begitu pula sebaliknya.

Sementara itu, Paraguay menundukkan Cile juga 2–0 dan hasil ini dapat dikatakan cukup mengejutkan, karena sebelumnya Cile menahan imbang dua kekuatan sepak bola dunia Argentina dan Uruguay—yang juga pengoleksi gelar terbanyak Copa America yaitu 14 dan 15 kali—dengan skor masing-masing 1–1.

Kemenangan Paraguay ini membawa mereka lolos ke perempat final. Posisi klasemen sementara Grup A dipimpin Argentina dengan nilai 7, diikuti Paraguay 6, Cile 5, dan Uruguay 4.

Di matchday terakhir pada Selasa (29/6/2021) pagi WIB, Uruguay berhadapan dengan Paraguay, sedangkan Argentina meladeni Bolivia.

Argentina memerlukan kemenangan untuk memastikan menjadi juara Grup A, sedangkan Bolivia sudah pasti tersingkir setelah selalu menelan kekalahan di tiga pertandingan.

Hasil pertandingan Uruguay versus Paraguay menentukan tim yang akan finis di posisi keempat sehingga di perempat final atau 8 besar harus bertarung melawan kekuatan raksasa, tuan rumah sekaligus juara bertahan Brasil.

Jika Uruguay menang, Paraguay yang akan finis di posisi keempat Grup A sehingga harus meladeni Brasil—yang telah dipastikan menjadi juara Grup B—di perempat final.

Jika Paraguay yang menang, Uruguay-lah yang bakal berjuang melawan Brasil di Stadion Nilton santos di Rio de Janeiro pada 3 Juli pagi WIB.

Kalau Uruguay dan Paraguay berakhir imbang, Uruguay dan Cile akan bertukar tempat karena selisih gol Uruguay lebih baik ketimbang Cile yakni +1 berbanding -1. Uruguay finis di setrip ketiga dan Cile keempat, sehingga Cile yang harus bertemu Brasil.

Hasil paling realistis Uruguay dan Paraguay adalah imbang, merujuk pada permainan kedua tim sejauh ini dan juga merujuk pada hasil tanpa gol kedua tim di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan pada awal bulan ini.

Kalau itu yang pada akhirnya terjadi, Cile yang berjuang versus Brasil dan itu merupakan pertemuan antara juara Copa America tiga edisi terakhir. Cile juara Copa America 2015 dan 2016, dan hanya dua kali itulah mereka juara Copa America sepanjang sejarah, sedangkan Brasil juara Copa America 2019, gelar kesembilan untuk tim Samba, dan ketiga terbanyak setelah Uruguay 15 kali dan Argentina 14 kali.

Peta persaingan di Grup B sejauh ini baru Brasil dan Kolombia yang dipastikan lolos ke perempat final. Klasemen sementara teratas dihuni Brasil dengan nilai sempurna 9, diikuti Kolombia dan Peru masing-masing 4, serta Ekuador dan Venezuela masing-masing 2.

Dalam matchday terakhir pada Senin (28/6/2021) pagi WIB, Brasil menghadapi Ekuador dan Venezuela menjalani laga hidup mati versus Peru. Venezuela tentu berharap Ekuador kalah dari Brasil. Jika itu terjadi, Venezuela cukup imbang untuk melaju ke perempat final.

Peru juga akan nyaman-nyaman saja jika pertandingan versus Venezuela berakhir imbang, karena itu cukup untuk finis di posisi kedua menggeser Kolombia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas uruguay copa america Timnas Paraguay
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top