Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Prancis vs Jerman: Susunan Pemain, Jadwal, Preview, Rekor

Laga Prancis vs Jerman dalam babak penyisihan Grup F Euro 2020 akan berlangsung pada Rabu dini hari nanti di Stadion Allianz Arena.
Pelatih Prancis, Didier Deschamps/www.telegraph.co.uk
Pelatih Prancis, Didier Deschamps/www.telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Laga Prancis vs Jerman dalam babak penyisihan Grup F Euro 2020 akan berlangsung pada Rabu (16/6/2021) dini hari nanti di Stadion Allianz Arena. Prancis dan Jerman merupakan kandidat kuat juara turnamen Piala Eropa 2020 itu.

Prancis datang ke turnamen itu dengan status sebagai juara Piala Dunia 2018. Skuad asuhan Didier Deschamps meneruskan tren positif mereka setelah merebut Piala Jules Rimet dengan rekor hanya kalah tiga kali pada tiga tahun terakhir.

Pada babak kualifikasi Euro, Timnas Prancis sempat dikejutkan dengan kekalahan 0-2 dari Turki namun tak menghentikan langkah mereka untuk menjuarai Grup H. Mereka juga sempat menelan kekalahan 0-2 dari Finlandia pada laga uji coba November tahun lalu. Akan tetapi saat itu, Deschamps hanya menurunkan tim lapis kedua.

Tahun ini, Kylian Mbappe cs memiliki rekor belum terkalahkan dengan memenangkan empat dari lima laga. Mereka hanya sempat bermain imbang 1-1 dengan Ukraina di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada dua laga uji coba menjelang Euro 2020, Timnas Prancis melumat Wales dan Bulgaria dengan skor sama, 3-0.

Sementara Jerman datang ke Piala Eropa 2020 dengan semangat membuktikan kebangkitan mereka setelah gagal total di Piala Dunia 2018. Saat itu, Jerman yang berstatus sebagai juara Piala Dunia 2014 harus gugur di babak penyisihan grup.

Anak asuh Joachim Low juga sempat tampil buruk di ajang UEFA Nations League. Berada di Grup 1 Liga A, Jerman tak meraih satu pun kemenangan dengan menelan dua kekalahan dan dua kali imbang dari Belanda dan Prancis.

Mereka baru bangkit setahun berselang. Di ajang kualifikasi Euro, Jerman merebut puncak klasemen Grup C dengan meraih tujuh kemenangan dari delapan laga. Mereka hanya sekali kalah dari Belanda.

Akan tetapi performa Timo Werner cs bisa dianggap belum stabil. Buktinya mereka sempat dikalahkan Spanyol 0-6 di ajang UEFA Nations League tahun lalu serta dibungkam Makedonia Utara dengan skor 1-2 pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Maret lalu.

Pada dua laga uji coba sebelum Euro, Timnas Jerman juga hanya meraih kemenangan atas tim lemah Latvia dan bermain imbang 1-1 dengan Denmark.

Rekor pertemuan Prancis vs Jerman:

Rekor pertemuan kedua tim bisa dibilang cukup imbang. Dari 31 kali bermain, Prancis sedikit unggul dengan mengantongi 14 kemenangan sementara Jerman 10 kemenangan, tujuh laga lainnya berakhir imbang.

Joachim Low dan Didier Deschamps pun memiliki rekor cukup imbang. Dari tujuh kali beradu taktik, Deschamps memiliki rekor tiga kemenangan sementara Low dua kemenangan, dua laga lainnya berakhir imbang.

Dari sisi materi pemain, kedua tim tak perlu lagi diragukan. Deschamps dan Low sama-sama beruntung karena diperkuat para pemain kelas dunia.

Kondisi tim Prancis dan Jerman:

Di kubu Timnas Prancis, tak banyak perubahan pemain yang dibuat oleh Deschamps dari tiga tahun lalu. Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Paul Pogba, N'Golo Kante, Raphael Varane, hingga Hugo Lloris masih akan menjadi andalan.

Prancis bahkan mendapatkan tambahan tenaga di lini depan karena Deschamps akhirnya kembali memberikan kesempatan kepada Karim Benzema yang sempat dikucilkan sejak kasus pemerasan terhadap rekannya, Matthieu Valbuena.

Di Timnas Jerman, Low melakukan cukup banyak perubahan. Setelah gagal di Piala Dunia 2018, dia melakukan regenerasi dengan banyak memasukkan pemain muda seperti Kai Havertz, Timo Werner, Leroy Sane, Niklas Sule hingga Jamal Musiala yang masih berusia 18 tahun.

Spesial untuk ajang Piala Eropa 2020, Low kembali memanggil gelandang serang veteran Thomas Muller yang sempat tak memperkuat Timnas Jerman sejak Piala Dunia 2018. Pemain senior seperti Manuel Neuer, Matt Hummels dan Antonio Rudiger juga tetap dipertahankan oleh pelatih yang akan mundur dari jabatan Pelatih Timnas Jerman tersebut.

Kedua tim disebut tak memiliki masalah cedera berarti. Karim Benzema yang sempat mengalami cedera pada laga uji coba disebut siap bermain demikian juga dengan gelandang Leon Goretzka di kubu Jerman.

Prediksi susunan pemain Prancis vs Jerman F Euro 2020:

Prancis (4-3-1-2): Lloris; Hernandez, Kimpembe, Varane, Pavard, Kante, Pogba, Tolisso; Griezmann, Mbappe, Benzema

Jerman (3-4-3): Neuer; Hummels, Ginter, Rudiger; Kroos, Gundogan, Gosens, Kimmich; Muller, Havertz, Werner

Prediksi jalannya laga Prancis vs Jerman:

Melihat catatan performa plus pertemuan kedua tim, laga ini dipastikan akan berjalan dengan sangat ketat. Apalagi kedua tim memiliki materi pemain yang berkualitas rata.

Timnas Prancis jelas sedikit lebih diunggulkan karena memiliki rekor yang lebih menawan. Kecepatan Kylian Mbappe plus kematangan Karim Benzema di kotak penalti dan tendangan jarak jaruh Antoine Griezmann jelas bisa menjadi ancaman bagi gawang Manuel Neuer.

Lini belakang Prancis yang akan dikawal oleh Rudiger, Ginter dan Hummels jelas tak bisa berleha-leha. Dua pemain sayap Joshua Kimmich dan Robin Gosens pun harus waspada untuk segera kembali ke belakang jika timnya menghadapi serangan.

N'Golo Kante yang dianggap sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini akan menjadi tembok pertahanan pertama Prancis untuk menahan gempuran Jerman. Ditemani oleh Paul Pogba, dia akan beradu kuat dengan Ilkay Gundogan dan Toni Kroos yang juga sarat pengalaman.

Timnas Jerman sedikit memiliki kelemahan di lini depan. Mereka tak memiliki seorang pencetak gol ulung dengan peroduktivitas Timo Werner yang rendah musim lalu bersama Chelsea. Alhasil mereka akan kembali mengandalkan ketajaman gelandang serang Thomas Muller yang sudah berusia 31 tahun.

Meskipun demikian, Timnas Jerman dikenal sebagai tim yang bisa mengejutkan ketika diremehkan. Piala Dunia 2014 merupakan buktinya. Saat itu skuad asuhan Joachim Low tak dijagokan untuk meraih gelar juara. Apalagi pada partai final mereka harus menghadapi Argentina yang diperkuat pemain terbaik didunia Lionel Messi. Tetapi Jerman membuktikan mereka bisa meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 saat itu.

Jadwal siaran langsung Prancis vs Jerman:

Laga Grup F Euro 2020 Prancis vs Jerman akan berlangsung pada Rabu 16 Juni 2021 pukul 02.00 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV dan RCTI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper