Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia Dihajar Vietnam 0-4

Timnas Indonesia dibantai Vietnam empat gol tanpa balas oleh Vietnam di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Uni Emirat Arab, yang semakin menegaskan posisi asuhan Shin Tae-yong menempati dasar klasemen Grup G.
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia pada Februari 2020./PSSI.org

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menuai hasil cukup bagus pekan lalu dengan mengimbangi Thailand 2-2, Timnas Indonesia dibantai empat gol tanpa balas ketika jumpa Vietnam dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Selasa (8/6/2021).

Disaksikan melalui saluran resmi turnamen di Jakarta, Selasa, empat gol Vietnam dilesakkan pada babak kedua melalui Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, dan Vu Van Thanh.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merotasi tiga pemain di susunan 11 pertama.

Tiga nama yang sempat berlaga saat menghadapi Thailand pada Kamis (3/6), yaitu Egy Maulana, I Kadek Agung, dan Witan Sulaeman tidak diturunkan dari menit awal saat melawan Vietnam.

Sisanya, Shin tetap memainkan sosok pemain yang sama, yaitu kapten tim Evan Dimas, kiper Nadeo Argawinata, gelandang Syahrian Abimanyu, penyerang Kushedya Yudo, dan kwartet bek Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho serta Asnawi Mangkualam.

Dengan strategi demikian, Indonesia tidak berkutik di hadapan Vietnam pada paruh pertama laga.Vietnam endominasi permainan dengan 70 persen lebih penguasaan bola, Vietnam tak dapat membuat gol ke gawang Indonesia selama babak pertama. Skor 0–0 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Vietnam mencuri gol pada menit ke-51 via kaki Nguyen Tien Linh. Proses gol ini sempat diprotes pemain Indonesia yang menganggap Tien Linh menyentuh bola dengan tangan sebelum menendang bola.

Menit ke-62, Vietnam memperlebar keunggulan berkat gol kaki kiri Nguyen Quang Hai dari luar kotak penalti. Lima menit kemudian, giliran Nguyen Cong Phuong yang merobek gawang Indonesia.

Egy Maulana yang masuk pada babak kedua sempat mengancam gawang Vietnam, tetapi bola yang disepaknya cuma menghantam mistar gawang. Vietnam lalu mengunci gol keempat pada menit ke-74 dengan lesakan kaki kiri Vu Van Thanh. Skor 4–0 saat pertandingan usai.

Dengan hasil tersebut, Indonesia tetap menjadi juru kunci Grup G Pra-Piala Dunia 2022 zona Asia dengan koleksi 1 poin dari tujuh pertandingan, sedangkan Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan 14 poin dari enam pertandingan.

Timnas Indonesia masih menyisakan satu laga di Grup G, yakni melawan Uni Emirat Arab pada Jumat (11/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper