Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi ManCity vs Chelsea: Ini Fakta Hiburan di Final Liga Champions

Final Liga Champions akan tersaji pada Minggu dini hari. Laga Manchester City vs Chelsea akan berlangsung di Stadion Dragao, Porto, Portugal, mulai 02.00 WIB dengan disiarkan SCTV.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  17:57 WIB
Liga Champions
Liga Champions

Bisnis.com, JAKARTA - Final Liga Champions akan tersaji pada Minggu (30/5/2021) dini hari. Laga Manchester City vs Chelsea akan berlangsung di Stadion Dragao, Porto, Portugal, mulai 02.00 WIB dengan disiarkan SCTV.

Simak beberapa hal menarik dari laga final ini, seperti tercermin dari beberapa pertanyaan yang disarikan dari laman UEFA:

Apa yang akan didapat pemenang?

Tim juara sudah pasti akan mendapatkan trofi Liga Champions, yang dikenal sebagai Si Kuping Besar (tinggi 73,5 cm dan berat 7,5 kg). "Ini mungkin bukan mahakarya artistik tetapi semua orang di sepak bola ingin mendapatkannya," kata pencipta trofi, Jurg Stadelmann.

Pemenang Liga Champions juga dijamin mendapatkan tempat di babak penyisihan grup edisi 2021/22 jika gagal lolos melalui liga domestik mereka. Mereka juga akan tampil di Piala Super Eropa, melawan juara Liga Europa.

Berapa hadiah yang didapat pemenang?

Juara Liga Champions musim ini akan mendapat hadiah 19 juta euro (Rp 332,4 miliar). Runner-up akan mendapatkan 15 juta euro (Rp 262,3 miliar).

Hadiah itu akan dikombinasikan dengan pemasukan yang mereka dapat sejak babak penyisihan grup. Ini artinya sebuah tim juara bisa mengantongi hingga 82,45 juta euro (Rp 1,4 triliun).

Tapi penghasilan itu belum termasuk dari market pool, yang distribusinya ditentukan oleh nilai pasar televisi di setiap negara. Nilai yang didapat market pool ini bisa bernilai dua kali lipat, bahkan lebih dari hadiah uang yang didapat.

Karena nilai Market pool ini berbeda untuk tiap negara, tim runner-up kadang-kadang mengantongi pemasukan lebih besar dari tim juara. Contoh jelas bisa dilihat pada 2014/15. Juventus, yang menjadi runner-up, memperoleh hampir total 89,1 juta euro, termasuk 30,9 juta euro dari hadiah. Sedangkan Barcelona yang juara hanya mendapat 61,0 juta euro, termasuk 36,4 juta euro dari hadiah uang.

Apakah VAR dan pergantian lima pemain dipakai di final?

Ya, untuk kedua pertanyaan itu. Sistem video asisten wasit (VAR) telah digunakan selama kompetisi musim ini. Lima pergantian pemain juga diperbolehkan. Bahkan pergantian pemain keenam diizinkan untuk setiap tim jika babak final berlanjut ke waktu tambahan. Sedangkan skuad hari pertandingan akan terdiri dari 23 pemain.

Apakah akan ada upacara pembukaan?

Ya, ada. Marshmello akan tampil menjelang upacara pembukaan final Liga Champions musim ini, yang dipersembahkan oleh Pepsi. Pemilik tembang hit "Happier" dan "Silence and Friends" ini akan mempersembahkan pertunjukan virtual.

Siapakah tim 'tuan rumah' di final ini?

Manchester City ditetapkan sebagai tim tuan rumah saat undian finla Liga Champions, pada Maret lalu. Penentuan ini hanya untuk tujuan administratif, untuk penentuan seragam bila terjadi bentrok warna.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chelsea Liga Champions Manchester City

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top