Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi ManCity vs Chelsea: Ini Fakta Hiburan di Final Liga Champions

Final Liga Champions akan tersaji pada Minggu dini hari. Laga Manchester City vs Chelsea akan berlangsung di Stadion Dragao, Porto, Portugal, mulai 02.00 WIB dengan disiarkan SCTV.
Liga Champions
Liga Champions

Bisnis.com, JAKARTA - Final Liga Champions akan tersaji pada Minggu (30/5/2021) dini hari. Laga Manchester City vs Chelsea akan berlangsung di Stadion Dragao, Porto, Portugal, mulai 02.00 WIB dengan disiarkan SCTV.

Simak beberapa hal menarik dari laga final ini, seperti tercermin dari beberapa pertanyaan yang disarikan dari laman UEFA:

Apa yang akan didapat pemenang?

Tim juara sudah pasti akan mendapatkan trofi Liga Champions, yang dikenal sebagai Si Kuping Besar (tinggi 73,5 cm dan berat 7,5 kg). "Ini mungkin bukan mahakarya artistik tetapi semua orang di sepak bola ingin mendapatkannya," kata pencipta trofi, Jurg Stadelmann.

Pemenang Liga Champions juga dijamin mendapatkan tempat di babak penyisihan grup edisi 2021/22 jika gagal lolos melalui liga domestik mereka. Mereka juga akan tampil di Piala Super Eropa, melawan juara Liga Europa.

Berapa hadiah yang didapat pemenang?

Juara Liga Champions musim ini akan mendapat hadiah 19 juta euro (Rp 332,4 miliar). Runner-up akan mendapatkan 15 juta euro (Rp 262,3 miliar).

Hadiah itu akan dikombinasikan dengan pemasukan yang mereka dapat sejak babak penyisihan grup. Ini artinya sebuah tim juara bisa mengantongi hingga 82,45 juta euro (Rp 1,4 triliun).

Tapi penghasilan itu belum termasuk dari market pool, yang distribusinya ditentukan oleh nilai pasar televisi di setiap negara. Nilai yang didapat market pool ini bisa bernilai dua kali lipat, bahkan lebih dari hadiah uang yang didapat.

Karena nilai Market pool ini berbeda untuk tiap negara, tim runner-up kadang-kadang mengantongi pemasukan lebih besar dari tim juara. Contoh jelas bisa dilihat pada 2014/15. Juventus, yang menjadi runner-up, memperoleh hampir total 89,1 juta euro, termasuk 30,9 juta euro dari hadiah. Sedangkan Barcelona yang juara hanya mendapat 61,0 juta euro, termasuk 36,4 juta euro dari hadiah uang.

Apakah VAR dan pergantian lima pemain dipakai di final?

Ya, untuk kedua pertanyaan itu. Sistem video asisten wasit (VAR) telah digunakan selama kompetisi musim ini. Lima pergantian pemain juga diperbolehkan. Bahkan pergantian pemain keenam diizinkan untuk setiap tim jika babak final berlanjut ke waktu tambahan. Sedangkan skuad hari pertandingan akan terdiri dari 23 pemain.

Apakah akan ada upacara pembukaan?

Ya, ada. Marshmello akan tampil menjelang upacara pembukaan final Liga Champions musim ini, yang dipersembahkan oleh Pepsi. Pemilik tembang hit "Happier" dan "Silence and Friends" ini akan mempersembahkan pertunjukan virtual.

Siapakah tim 'tuan rumah' di final ini?

Manchester City ditetapkan sebagai tim tuan rumah saat undian finla Liga Champions, pada Maret lalu. Penentuan ini hanya untuk tujuan administratif, untuk penentuan seragam bila terjadi bentrok warna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper