Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belajar dari Kasus India, Liga 1 dan Liga 2 Belum Izinkan Penonton Masuk Stadion

Menurut Harmensyah, BNPB atau Satgas Penanganan Covid-19 tidak ingin Indonesia mengalami peningkatan kasus penularan virus SARS-CoV-2 jika penonton dipersilakan masuk ke stadion.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  19:22 WIB
Ilustrasi virus corona - Antara/Shutterstock
Ilustrasi virus corona - Antara/Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi II Bidang Pencegahan BNPB Harmensyah mengatakan bahwa pihaknya belum memberikan izin kehadiran penonton di stadion saat kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 berlangsung.

“Kompetisi dilaksanakan tanpa penonton terlebih dahulu, kemudian nanti dievaluasi,” kata Harmensyah usai mengikuti rapat koordinasi Liga 1 dan Liga 2 yang dipimpin Menpora Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Menurut Harmensyah, BNPB atau Satgas Penanganan Covid-19 tidak ingin Indonesia mengalami peningkatan kasus penularan virus SARS-CoV-2 jika penonton dipersilakan masuk ke stadion.

Di India, dia melanjutkan, kasus aktif Covid-19 meningkat dari 150.000-an ke 3,5 juta orang setelah penonton menyaksikan pertandingan kriket timnas India versus Inggris langsung di stadion.

Meski begitu, Harmensyah memastikan bahwa penonton dapat hadir di stadion saat kompetisi Liga 1 dan 2 ketika kondisi sudah memungkinkan.

“Pada tahapan berikutnya, tidak tertutup kemungkinan penonton dapat ke stadion tetapi dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak ada penularan (virus SARS-CoV-2 -red),” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Harmensyah menegaskan bahwa BNPB mendukung penuh pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 dan segera mengeluarkan rekomendasi.

“Kami berharap semua pihak termasuk para fan mematuhi protokol kesehatan,” kata dia menambahkan.

Terkait Liga 1 dan Liga 2, Polri melalui Asisten Operasi Kapolri Irjen Polisi Imam Sugianto menyebut bahwa pihaknya akan menerbitkan izin keramaian paling lambat 27 Mei.

PSSI berencana menggelar Liga 1 musim 2021-2022 mulai awal Juli antara tanggal 3 sampai 7, hingga Maret 2022. Sementara Liga 2 akan bergulir 14 hari setelah sepak mula Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga indonesia

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top