Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bek Persebaya Arif Satria Gantikan Elkan Baggott di Timnas Indonesia

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memastikan Arif telah menerima panggilan dari skuad Garuda. Dia menyatakan sempat dihubungi oleh Asisten Nova Arianto.
Elkan Baggott/PSSI
Elkan Baggott/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Bek Persebaya Surabaya, Arif Satria, akan bergabung dengan Timnas Indonesia yang saat ini sedang menggelar pelatihan nasional di Uni Emirat Arab (UEA) untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Arif menggantikan posisi Elkan Baggott yang batal bergabung.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memastikan Arif telah menerima panggilan dari skuad Garuda. Dia menyatakan sempat dihubungi oleh Asisten Nova Arianto pada Ahad kemarin untuk menanyakan kondisi si pemain. Arif yang sempat bergabung dengan Timnas Indonesia selama pemusatan latihan di Jakarta sempat mengalami cedera sehingga batal diikutsertakan ke UEA.

"Coach Nova telepon saya dan menanyakan kondisi Arif, saya bilang kondisi Arif memang bagus. Tidak ada masalah dengan cedera. Kemarin kan yang dikhawatirkan kambuh, sekarang sudah jauh lebih baik," kata Aji di laman resmi Persebaya.

Dia pun menyambut baik pemanggilan Arif tersebut. Bahkan, dia menyatakan siap melepas pemain Persebaya lainnya jika memang dibutuhkan.

"Kalau bisa tidak cuma Arif. Masih ada Supriadi, Marselino, Akbar, Dicky, Hambali dan pemain-pemain lainnya harus bisa masuk timnas. Kita sudah punya bakatnya tergantung mereka mau apa tidak. Kan setiap pemain impiannya ya membela timnas," kata dia.

Sebelumnya Persebaya sudah menyumbangkan empat pemain untuk skuad asuhan Shin Tae-yong. Mereka adalah Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari dan Ady Setiawan.

Arif sendiri menyatakan siap membela skuad Merah Putih. Dia merasa tak masalah dengan cederanya dan siap berangkat ke UEA pada Selasa besok, 25 Mei 2021.

"Sebenarnya kemarin itu untuk cedera sudah tidak ada masalah. Memang kondisi fisik saya yang agak kurang," kata Arif.

"Nah latihan di Persebaya ini sangat membantu persiapan saya sebelum berangkat. Kondisi saya jauh lebih baik. Itu kenapa saya juga masih ikut latihan pagi dan sore sebelum besok (25/5) berangkat."

Arif mendapatkan panggilan terakhir setelah bek Elkan Baggott dipastikan batal berangkat ke UEA. Menurut PSSI, Elkan khawatir karena UEA masuk ke dalam daftar merah perjalanan Inggris meskipun klubnya, Ipswich Town, telah memberikan izin.

UEA memang masuk ke dalam daftar merah tersebut. Artinya, semua orang yang baru melakukan perjalanan dari UEA ke Inggris nantinya diharuskan melakukan karantina selama 10 hari untuk memastikan dia tak tertular Covid-19.

Timnas Indonesia akan menjalani tiga pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G. Mereka akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021. Sebelum itu, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba di UEA yaitu menghadapi Afghanistan pada Selasa besok, 25 Mei dan Oman pada Sabtu, 29 Mei 2021. Peluang Evan Dimas cs untuk melaju ke babak selanjutnya telah habis karena pada lima laga sebelumnya selalu menelan kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper