Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Skor PSM vs Persija, Kabar Tim, Data Fakta, Susunan Pemain

PSM Makassar tidak akan diperkuat pemain asingnya, Wiljan Pluim, pada laga semifinal Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta, Kamis, di Stadion Maguwoharjo.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 15 April 2021  |  18:04 WIB
Penjaga gawang Hilman Syah - Liga Indonesia
Penjaga gawang Hilman Syah - Liga Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - PSM Makassar tidak akan diperkuat pemain asingnya, Wiljan Pluim, pada laga semifinal Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta, Kamis (15/4) di Stadion Maguwoharjo.

"Untuk pemain asing kami, Pluim, memang dia masih milik PSM, dia baru tiba dari luar (Belanda)," kata pelatih PSM Syamsuddin Batola jelang laga semifinal Piala Menpora 2021.

Menurut dia, Pluim harus melewati serangkaian prosedur protokol pencegahan COVID-19, diantaranya menjalani karantina mandiri setibanya di Tanah Air. 

"Ini butuh proses, karena dia harus dikarantina, dan dia memang tidak kita daftar," ujar Syamsuddin. 

Meski begitu, ia dapat memakluminya karena protokol kesehatan harus dipatuhi demi kelanjutan kompetisi sepak bola.

Dengan absennya Pluim, maka PSM sama sekali tidak diperkuat pemain asing, sebagaimana sejak awal laga Piala Menpora, dengan hanya mengandalkan skuad para pemain lokal.

Di sisi lain, Kapten Tim PSM Makassar Zulkifli Syukur justru berharap kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pemain dengan menunjukkan performa terbaiknya.

"Inilah kesempatan buat para pemain lokal yang dipilih oleh pelatih di Piala Menpora ini untuk menunjukkan kualitas mereka. Karena dengan menunjukkan kualitas mereka di turnamen ini, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan dipersiapkan untuk lanjutan Liga 1 musim ini," pungkas Zulkifli. 

Sementara itu

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, berujar bahwa mental pemain akan jadi kunci dalam pertandingan hidup dan mati ini. Menurutnya, dibutuhkan mental juara bagi timnya untuk menghadapi kolektivitas permainan tim PSM Makassar.

“Saya pikir pertandingan lawan PSM ini adalah tentang bagaimana mental lebih berpengaruh untuk memenangkan pertandingan. Karena kita sama-sama tahu dan pernah bertemu di babak grup lalu sekarang bertemu lagi di semifinal yang mana laga ini harus betul-betul dibutuhkan mental juara untuk bisa memenangkan pertandingan,” ungkap Sudirman.

Bagi Sudirman, kekuatan PSM Makassar ada pada kekompakan dan kemampuan merata di segala lini. Gaya bermain dengan melakukan pressing ketat ke daerah pertahanan lawan jadi salah satu hal yang harus diwaspadai pada laga nanti.

“PSM adalah tim yang bagus dan kompak. Mereka adalah tim yang merata di segala posisi. Satu yang menjadi kelebihan mereka adalah fanatisme dalam bermain, mereka punya loyalitas dalam bermain, selalu berusaha untuk pressing lawan dengan ketat. Dan itu yang akan harus kita waspadai dan pemain-pemain saya harus bisa mengatasi hal tersebut,” tambahnya.

Meski begitu, Sudirman bersyukur bahwa timnya saat ini sudah kembali bisa memainkan para pemain inti yang sebelumnya sempat absen. Nama Otavio Dutra dan Novri Setiawan sudah kembali bergabung latihan bersama tim setelah menerima hukuman kartu. Selain itu, Yann Motta dan Alfath Faathier akan jadi tambahan kekuatan di lini belakang.

“Alhamdulillah Yann Motta sudah bisa bergabung walaupun saya masih melihat ada keragu-raguan darinya setiap melakukan perebutan bola. Tapi saya akan melihat di latihan terakhir nanti sampai sejauh mana perkembangan cederanya. Selain itu ada Alfath juga yang sudah gabung bersama kita, tapi masih harus kita lihat karena masih latihan terpisah dari tim untuk melihat seberapa jauh kondisi fisiknya,” tutup Sudirman.

Jadwal Semifinal Piala Menpora 2021:

Prediksi Skor PSM vs Persija:

Skor PSM vs Persija: 1-3

Skor PSM vs Persija: 2-1

Skor PSM vs Persija: 2-2

Prediksi Susunan pemain PSM Vs Persija:

PSM: Hilman, Zulkifli, Erwin Gutawa, Kipuw, Rachman, Arfan, Sutanto Tan, Rasyid Bakri, Rizky Ekan, Saldy, Yakob Sayuri

Persija: Andritany, Motta, Tony, Rezaldi, Rohit Sute, Klok, Ramdani, Osvaldo, Riko, Simic

Hasil Perempat Final Piala Menpora 2021

9 April 2021

PSIS vs PSM 0-0 (2-4 adu penalti)

Stadion: Stadion Kanjuruhan, Malang Kick-off: 18.15 WIB

10 April 2021

Persija Jakarta Vs Barito Putera 1-0

Stadion: Kanjuruhan, Malang Kick-off: 18.15 WIB


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

persija psm makassar
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top