Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Champions, De Bruyne dan Gundogan Bawa City ke Perempat Final

Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan patut diberi penghargaan atas jasa keduanya mengemas gol dan menutup peluang Borussia Moenchengladbach.
Kevin de Bruyne (kanan)/Reuters-Carl Recine
Kevin de Bruyne (kanan)/Reuters-Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA - Dua gol ke gawang Borussia Moenchengladbach memastikan Manchester City melaju ke perempat final Liga Champions.

Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan patut diberi penghargaan atas jasa keduanya mengemas gol dan menutup peluang Borussia Moenchengladbach.

Dengan kemenangan 2-0 pada leg kedua di Budapest, Selasa waktu setempat atau Rabu WIB, City menang dengan agregat 4-0.

Liga Champions menjadi satu-satunya trofi yang sulit diraih Pep Guardiola selama lima tahun di Manchester. City selalu gagal melampaui delapan besar di bawah pelatih asal Catalan itu.

Namun, pemuncak klasemen Liga Premier itu kini mendapatkan kesempatan menyingkirkan sial itu bulan depan.

City menunjukkan diri sebagai favorit peraih gelar juara kompetisi ini lewat penampilan berkelasnya di ibu kota Hungaria.

De Bruyne dan Gundogan menjadi dua dari sejumlah pemain tetap tim utama yang dibangkucadangkan Guardiola saat City melumat Fulham 3-0, Sabtu pekan lalu.

Strategi Guardiola itu membuat City tampak segar kala menghadapi Gladbach yang sejak awal diserang tanpa henti.

Laga tersebut pun memastikan kemenangan ke-24 City dalam 25 pertandingan terakhirnya pada semua kompetisi.

Phil Foden memaksa Yann Sommer melakukan penyelamatan di sisi kanannya sebelum De Bruyne menciptakan gol pada menit ke-12.

Enam menit kemudian gerakan mengalir dari belakang sampai depan membuat Foden bisa melepaskan Gundogan dari kepungan barisan belakang Gladbach untuk mencetak golnya yang ke-15 musim ini.

Tim Bundesliga itu kini sudah kalah dalam tujuh pertandingan sejak manajer Marco Rose mengumumkan akan meninggalkan klub akhir musim ini untuk bergabung dengan Borussia Dortmund.

Gladbach setidaknya tampil lebih mengancam ketimbang pada leg pertama ketika Ederson dipaksa membuat penyelamatan untuk menangkal upaya Marcus Thuram sebelum jeda.

Lemahnya pertahanan menjadi penyebab tersingkirnya City pada Liga Champions sebelumnya di bawah asuhan Guardiola.

Mereka kebobolan enam gol melawan Monaco dalam dua leg pada 2017, lima gol dilesakkan Liverpool setahun kemudian, empat gol dibuat Tottenham pada 2019, dan City menelan kekalahan mengejutkan 1-3 saat melawan Lyon musim lalu di Lisbon.

Namun, setelah mendatangkan Ruben Dias, pasukan Guardiola berubah menjadi tim yang lengkap musim ini.

Kini mereka malah berada di jalur untuk meraih empat gelar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Trofi Liga Premier, Liga Champions, Piala FA dan Piala Liga seakan sedang berbaris menanti untuk dibawa City.

City kini telah mencatat tujuh clean sheet berturut-turut dalam Liga Champions.

Dengan tiadanya pemain kunci yang absen karena cedera, Guardiola surplus pilihan sehingga tahun ini bisa menjadi tahun City untuk membuat terobosan besar di Eropa.

Fernandinho, Oleksandr Zinchenko, Aymeric Laporte, Sergio Aguero dan Raheem Sterling semuanya masuk bangku cadangan pada babak kedua untuk memberi tempat kepada Dias, Joao Cancelo, Gundogan, Rodrigo dan Bernardo Silva tampil menjelang laga Sabtu melawan Everton dalam perempat final Piala FA.

Mengutip AFP, City akan menjadi lawan yang ingin dihindari siapa pun saat undian delapan besar Liga Champions digelar Jumat pekan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper