Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ronaldo, Madrid, Guardiola Terbaik Abad Ini di Globe Soccer Awards

Cristiano Ronaldo, Real Madrid, dan Pep Guardiola terpilih sebagai yang terbaik abad ini ndi ajang Dubai Globe Soccer Awards.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  10:52 WIB
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo menyampaikan pidato usai memenangi penghargaan Player of the Century Globe Soccer Awards di Armani hotel, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab./Antara - Reuters
Pemain Juventus Cristiano Ronaldo menyampaikan pidato usai memenangi penghargaan Player of the Century Globe Soccer Awards di Armani hotel, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab./Antara - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain Portugal dan Juventus Cristiano Ronaldo meraih penghargaan 'Pemain Abad Ini', sedangkan Pep Guardiola menjadi Pelatih Abad Ini di ajang Dubai Globe Soccer Awards tahunan 2020.

Sementara itu, bintang Polandia dan Bayern Munchen Robert Lewandowski mengantongi penghargaan sebagai 'Pemain Terbaik Tahun Ini' di ajang yang penganugerahannya digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Minggu (27/12/2020) tengah malam WIB.

Shaikh Mansoor bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum, Ketua Dewan Olahraga Dubai (DSC) menobatkan pemenang Dubai Globe Soccer Awards tahun ini dalam upacara gemerlap di Hotel Armani di kaki Burj Khalifa.

Acara itu diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Olahraga Dubai dan Konferensi Olahraga Internasional Dubai, Penghargaan Sepak Bola Dunia Dubai menghormati pemain, pelatih, klub, dan agen terbaik, serta disisipi penghormatan khusus kepada dua legenda sepak bola yang meninggal akhir tahun ini, bintang Argentina Diego Maradona dan bintang Italia Paolo Rossi.

Shaikh Mansoor di acara itu bergabung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, Mattar Al Tayer, Wakil Ketua Dewan Olahraga Dubai, Humaid Al Qatami, Dirjen Otoritas Kesehatan Dubai dan Wakil Ketua Pertama Komite Olimpiade Nasional dan Saeed Hareb, Sekjen Dubai Dewan Olahraga.

Ronaldo, yang merupakan lima kali peraih Ballon d'Or dan salah satu pemain paling bergengsi di era modern, telah memenangkan tujuh gelar liga selama 2 dekade terakhir dengan tiga klub berbeda yaitu Manchester United (3), Real Madrid (2) dan Juventus (2) - serta lima Liga Champions Eropa dan empat Piala Dunia Antar-Klub FIFA, juga sejumlah piala dan kompetisi lainnya.

Dia juga kapten Timnas Portugal, yang berjaya di Piala Eropa (Euro) 2016 dan Nation League UEFA 2018–2019.

Shaikh Mansoor juga memberikan Penghargaan Pemain Terbaik Tahun Ini kepada Lewandowski. Pemain Polandia itu telah mencetak 55 gol mengejutkan dalam 47 penampilan untuk Bayern Munchen musim lalu, juga finis sebagai pencetak gol terbanyak di Bundesliga, Piala Jerman (DFB Pokal), dan Liga Champions.

Menariknya, Ronaldo telah memimpin kategori 'Player of the Year' dan 'Player of the Century' pada akhir tahap kedua dan terakhir pemungutan suara oleh para penggemar pada 21 Desember.

Lebih dari 13 juta penggemar telah memilih mereka. Namun, suara penggemar hanya memiliki bobot 40 persen dalam menentukan pemenang. Suara oleh juri penghargaan memiliki bobot 60 persen.

Dua pemain hebat Spanyol, legenda penjaga gawang Iker Casillas dan superstar Barcelona Gerard Pique, dianugerahi 'Player Career Awards' oleh Sheikh Mansoor.

Bayern Munchen, pemenang treble Liga Champions, Bundesliga dan DFB-Pokal musim lalu, dinyatakan sebagai Club of the Year dan Lewandowski menerima penghargaan atas nama mereka, sementara Real Madrid, pemenang lima Liga Champions UEFA, empat Piala Super UEFA, satu Piala Interkontinental, empat Piala Dunia Antarklub FIFA, tujuh gelar La Liga Spanyol, dua Copa del Rey dan enam Supercopa de Espana dalam milenium ini, diputuskan sebagai Club of the Century (2001–2020).

Kekuatan Mesir Al Ahli - pemenang 13 gelar liga Mesir, enam Piala Mesir dan 11 Piala Super di rumah, serta tujuh Liga Champions Afrika, enam Piala Super CAF dan Piala Konfederasi CAF sejak 2001 - dinyatakan sebagai Klub Timur Tengah Century (2001-2020).

Dalam pertarungan memperebutkan Pelatih Terbaik Tahun Ini, bos Bayern Munchen yang memenangkan treble Hans-Dieter Flick mengalahkan Jurgen Klopp dari Liverpool dan Gian Piero Gasperini, manajer klub Italia Atalanta, untuk penghargaan tersebut.

“Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk tim pemain dan staf pendukung yang luar biasa. Ini tahun yang gila dan menantang, tetapi saya diberkati memiliki beberapa pemain terbaik yang menyadari kekuatan mereka dalam setiap permainan,” kata Flick.

Pelatih asal Spanyol Pep Guardiola, yang telah memenangkan delapan gelar liga bersama Barcelona, Bayern Munchen, dan klubnya saat ini Manchester City, serta dua Liga Champions UEFA, tiga Piala Super UEFA dan tiga Piala Dunia Antarklub FIFA sejak memulai pengembaraan manajerialnya pada 2008–2009, diangkat sebagai Coach of the Century (2001-2020), di depan bos Real Madrid Zinedine Zidane, legenda Manchester United Alex Ferguson, dan 'Special One' Jose Mourinho.

Agen Super Portugis Jorge Mendes mengantongi penghargaan Agen Abad Ini, di depan pemain Belanda Mino Raiola dan Giovanni Branchini dari Italia.

Berikut pemenang lengkap Dubai Globe Soccer Awards

Player of Year 2020: Robert Lewandowski

Player of Century 2001–2020: Cristiano Ronaldo

Player Career Award: Iker Casillas

Player Career Award: Gerard Pique

Club of the Year 2020: Bayern Munchen

Club of the Century: 2001–2020: Real Madrid

Middle East Club of Century 2001–2020: Al Ahli, Mesir

Coach of the Year 2020: Hans-Dieter Flick

Coach of the Century 2001–2020: Josep Guardiola.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

real madrid cristiano ronaldo pep guardiola

Sumber : Gulf News

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top