Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duka Hamas untuk Maradona yang Pernah 'Mengaku Orang Palestina'

Legenda sepak bola Argentina, Maradona, memang semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang mendukung kemerdekaan Palestina.
Diego Maradona/Reuters-Alessandro Bianchi
Diego Maradona/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, JAKARTA - Diego Armando Maradona Franco, legenda sepakbola Argentina, meninggal dunia, Rabu (25/11/2020) waktu setempat.

Ucapan belasungkawa pun mengalir dari para pengagum pemain yang membawa Argentina memenangi Piala Dunia 1986 ini. Ucapan itu datang dari berbagai negara dan dari berbagai profesi. 

Salah satunya datang dari Hamas, organisasi Islam di Palestina. Maradona memang semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Ucapan belasungkawa datang dari Juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri. “Kami sangat sedih atas kematian salah satu pesepakbola terhebat, 'Maradona', yang dikenal atas dukungannya pada perjuangan #Palestine,” tulisnya lewat akun Twitter, Kamis (26/11/2020).

Mengutip dari Aljazeera, pada 2012, Maradona menyebut dirinya sebagai penggemar nomor satu rakyat Palestina. “Saya menghormati mereka dan bersimpati dengan mereka. Saya mendukung Palestina tanpa rasa takut," katanya saat itu.

Dua tahun kemudian, saat militer Israel menyerang Gaza dan menewaskan 3 ribu warga Palestina, Maradona berang. Dia secara terbuka mengkritik Israel. "Apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina sangat memalukan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Setahun kemudian, beredar kabar bahwa Maradona sedang bernegosiasi dengan Asosiasi Sepak Bola Palestina untuk peluang melatih tim nasional mereka selama perhelatan Piala Asia AFC 2015.

Selain itu, pada Juli 2018, Maradona bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Moskow. Saat itu kembali menegaskan dukungannya untuk Palestina. "Dalam hati saya, saya orang Palestina," katanya kepada Abbas sambil memeluknya.

Selain itu, Maradona memang dikenal sebagai seorang sosialis sayap kiri antiimperialis yang mendukung gerakan-gerakan progresif. Dia memiliki hubungan dekat dengan mendiang pemimpin Venezuela Hugo Chavez, mendiang Presiden Kuba Fidel Castro, dan Evo Morales dari Bolivia.

Maradona bahkan pernah menemani Chavez sambil mengenakan kemeja anti-George Bush.

Maradona menghembuskan napas terakhir karena serangan jantung pada usia 60 tahun. Beberapa tahun terakhir kesehatannya memang kerap menurun. 

Dia meninggal dunia dua pekan setelah keluar dari rumah sakit Buenos Aires setelah menjalani operasi otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper