Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prediksi Liverpool Vs Leeds: Mengenal Gaya Permainan Leeds di Era Bielsa

Jejak permainan total football bisa dirunut dari strategi Bielsa.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 12 September 2020  |  18:34 WIB
Marcelo Bielsa - Sky Sports
Marcelo Bielsa - Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah 16 tahun Leeds United pentas kembali di divisi tertinggi Liga Inggris, Liga Primer. Mereka mendapat kehormatan untuk membuka musim 2020-2021 di kandang juara bertahan, Liverpool, yakni Stadion Anfield, Sabtu (12/9/2020).

Leeds United tidak akan datang dengan hanya berstatus tim promosi. Mereka membawa nama besar dalam sejarah persepakbolaan Inggris dan kenangan tentang penampilan mereka yang aktraktif karena agresivitas dari para pemain mudanya.

Leeds membawa daya tarik dengan sosok manajernya yang sudah berusia 65 tahun, tapi sangat termashur dan masih sangat energik. Buat pecinta sepak bola sejati, siapa yang tidak mengenal sosok pelatih dari Argentina, Marcelo Bielsa? Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino menjadikan Bielsa sebagai mentor.

Adalah Bielsa yang membawa tim nasional Argentina merebut medali emas sepak bola Olimpiade 2004 dan menjadi runner-up atau peringkat kedua Piala Amerika Selatan 2004. Ia pun melajukan Chile sampai babak 16 besar Piala Dunia 2010 dan menjadikan Athletic Bilbao runner-up Liga Europa 2012 dan Copa del Rey 2012.

Jejak permainan total football bisa dirunut dari strategi kepelatihan Marcelo Bielsa yang menekankan pada prinsip sebagai berikut: Begitu kehilangan bola tekan lawan sedini dan sejauh mungkin di daerah permainan lawan alias high pressing. Bisa dibayangkan tempo permainan tingi yang dikembangkan akan sangat menarik untuk ditonton.   

Cerita tentang Marcelo Bielsa yang berhasil membangkitkan kembali Leeds United setelah berkiprah di sana, mengingatkan kepada sosol yang juga legendaris di Leeds sebagai manajer pada 1998-2002, David O’Leary.

O’Leary, mantan bek tengah tersohor di Arsenal, Leeds United, dan Republik Irlandia, memproduksi para pemain muda yang selalu tampil agresif. Mereka dijuluki The Young Gun’s dengan nama-nama yang memikat seperti Jonathan Woodgate, Lee Bowyer, Alan Smith, Harry Kewell, Stephen McPhail, Erik Bakke, Ian Harte, dan Danny Mills.

Pada masa kejayaannya saat itu, Leeds United tak pernah finis di luar empat besar Liga Primer Inggris dan mencapai semifinal Liga Champions Eropa.

Yang menarik dinihari nanti, gelandang veteran tapi masih spartan di Liverpool, James Milner, yang kemungkinan besar ditampilkan manajer Jurgen Klopp sebagai pemain starter adalah produk dari Leeds United. Milner bermain pada masa terakhir O’Leary sebelum Leeds dilatih Terry Venables. Pada usia 18 tahun, Milner membela Leeds United untuk menahan Liverpool 2-2 di Elland Road.

Prediksi susunan Permain Liverpool vs Leeds:

Liverpool:

Alisson; Alexander-Arnold, Van Dijk, Gomez, Robertson; Milner, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Leeds United:

Meslier; Ayling, Koch, Cooper, Dallas; Phillips; Costa, Hernandez, Klich, Harrison; Bamford

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liga Inggris Liverpool

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top