Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesta Gol 5–1, Crotone Susul Benevento Promosi ke Serie A

Crotone menyusul Benebento promosi dari Serie B ke Serie A setelah mencatat kemenangan atas Livorno dan di pertandingan lain Spezia imbang tanpa gol kontra Cremonese.
Ujung tombak Crotone Simy Nwankwo/Complete Sports
Ujung tombak Crotone Simy Nwankwo/Complete Sports

Bisnis.com, JAKARTA – Crotone menyusul Benevento promosi dari Serie B ke Serie A Italia setelah menaklukkan tuan rumah Livorno, yang sudah pasti degradasi ke Lega Pro (Serie C) sebelum pertandingan dimulai, dengan skor telak 5–1.

Dalam pertandingan pekan ke-36 Serie B pada Sabtu (25/7/2020) dini hari WIB, tuan rumah membuka keunggulan terlebih dahulu melalui Mattia Trovato ketika laga di Stadion Armando Picchi di Livorno baru memasuki menit ke-12.

Namun, agaknya gol tersebut justru membangktkan “kemarahan” tim tamu yang pada babak pertama saja langsung melesakkan tiga gol melalui Niccolo Zanellato (31’), Simy Nwankwo (35’), dan Alberto Gerbo (40’).

Pada babak kedua, Crotone menambah dua gol lagi melalui kontribusi Salvatore Molina (55’) dan penalti Nwankwo, striker Timnas Nigeria, ketika pertandingan berjalan 1 jam, sehingga skor akhir 1–5 sampai wasit Giazomo Camplone meniup peluit panjang.

Dengan kemenangan itu, Crotone dipastikan finis di posisi kedua dengan nilai sementara ini 65, berjarak 18 angka dari Benevento yang telah lebih dahulu menggenggam tiket promosi ke Serie A.

Kepastian Crotone promosi ke Serie A juga disebabkan di laga lain peringkat ketiga Spezia hanya bermain imbang tanpa gol ketika bertandang ke markas Cremonese, yang belum aman  dari degradasi, mengisi slot ke-14 dengan nilai 45, berjarak 3 angka dari peringkat ke-16 yang bersama peringkat ke-17 akan menjalani play-off degradasi.

Sebenarnya, kalau pun Spezia menang atas Cremonese, Crotone tetap bisa dikatakan 99,99 persen promosi ke Serie A. Perhitungannya, kalau Spezia kemudian memenangi lagi dua laga terakhir dan di sisi lain Crotone kalah di dua laga terakhir, nilai kedua tim sama-sama 83, dengan Crotone saat ini unggul selisih gol sangat jauh yakni 24 berbanding 13.

Jika kedua tim finis dengan nilai sama, perhitungan posisi di klasemen langsung ke selisih gol lantaran head-to-head mereka sama yakni 3–3. Crotone menang di markas Spezia 2–1, sebaliknya Spezia menang 2–1 saat melawat ke Crotone.

Namun, karena Spezia ternyata hanya mampu memetiik 1 angka di kandang Cremonese, maka perhitungan head-to-head dan selisih gol dengan Crotone tidak diperlukan lagi dan Crotone telah memastikan diri langsung promosi ke Serie A tanpa play-off, sebagai runner-up Serie B.

Enam tim yang finis di peringkat ketiga hingga kedelapan akan menjalani play-off untuk memperebutkan selembar tiket promosi. Spezia dengan nilai 57 sudah dipastikan minimal secara matematis finis di peringkat kedelapan, sehingga akan terlibat dalam play-off.

Tim peringkat keempat hingga kedelapan untuk sementara ialah Pordenone (56), Frosinone (53), Cittadella (52), serta Empoli dan Salenitana masing-masing 51. Mereka belum aman di zona play-off, karena dengan sisa dua matchday, nilainya masih dapat dijangkau tim-tim di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football Italia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper