Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jebol Gawang Espanyol, Suarez Pencetak Gol Terbanyak Ke-3 Barcelona

Luis Suarez berhasil mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak ketiga untuk Barcelona setelah menjebol gawang Espanyol dalam lanjutan La Liga spanyol pada Kamis (9/7/2020) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  15:32 WIB
Luis Suarez menyalip Ladislau Kubala sebagai pencetak gol terbanyak ketiga Barcelona sepanjang masa. - FCBarcelona.com
Luis Suarez menyalip Ladislau Kubala sebagai pencetak gol terbanyak ketiga Barcelona sepanjang masa. - FCBarcelona.com

Bisnis.com, JAKARTA – Luis Suarez sukses mencapai rekor lain. Setelah cedera yang diikuti dengan penghentian kompetisi akibat pandemi Covid-19, yang membuatnya tak bermain 6 bulan, pemain Uruguay itu kini menyalip Ladislau Kubala dengan 195 gol berkat golnya melawan Espanyol.

Suarez telah mengalahkan 184 gol Josep Samitier pada awal musim ini, pada 29 Oktober setelah mencetak gol melawan Real Valladolid, tapi sekarang melewati catatan gol Kubala, yang berasal dari Hongaria dan bermain di Barca pada 1950–1961.

Striker itu tiba di Barca pada musim panas 2014 dan sejak gol pertamanya pada 25 November pada tahun yang sama melawan klub Siprus Apoel, dia tak berhenti menggetarkan jala gawang lawan.

Pada musim 2014–2015 dia mencetak 25 gol, meski ada sanksi FIFA karena menggigit bek Italia Giorgio  Chiellini di Piala Dunia 2014; pada 2015–2016 dan 2016–2017 dia berhasil mencetak 59 gol; musim 2017–2018 dia mencetak 37 gol; dan musim lalu dia mencetak 31 gol.

Pada musim ini, Luis Suarez sudah mencatatkan 18 gol meski mengalami cedera panjang.

Selama 6 tahun di Camp Nou, Suarez telah memainkan total 278 pertandingan di semua kompetisi dan golnya telah terdistribusi 146 di liga, 23 di Liga Champions, 19 di Copa del Rey, lima di Piala Dunia Antar-Klub, satu di Piala Super Spanyol, dan satu di Piala Super Eropa.

Dari gol-gol itu, 143 datang melalui kaki kanannya, 33 dengan kaki kiri, dan 19 dengan kepala. Valencia adalah tim yang paling banyak dijebolnya (12), diikuti oleh Real Madrid dan Sevilla, masing-masing 11.

Adapun stadion tempat dia mencetak gol, itu adalah pertandingan empat kali lipat: Santiago Bernabéu, Benito Villamarín, los Cármenes dan Riazor adalah empat stadion di mana ia telah mencetak gol terbanyak - mulai dari Camp Nou-, dengan total lima di setiap lapangan.

Dalam hal gelar, dia telah memenangkan total 13 trofi yakni empat La Liga, empat Copa del Rey, satu Liga Champions, dua Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub.

Dengan mencetak 195 gol, Suarez berada di bawah Lionel Messi yang menjadi top skor sepanjang masa Barcelona dengan 630 gol dan Cesar Rodriguez, pemain Timnas Spanyol yang bermain untuk Barcelona pada 1942–1955 dengan mencetak 232 gol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Barcelona timnas uruguay

Sumber : FCBarcelona.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top