Pemerintah Italia Bertahan, Karantina Total Jika Satu Positif Corona

Pemerintah Italia bertahan dengan protokol kesehatan yang mewajibkan semua pemain harus dikarantina jika satu saja peman klub Serie A kedapatan positif Covid-19.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  15:05 WIB
Pemerintah Italia Bertahan, Karantina Total Jika Satu Positif Corona
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte./Bloomberg - Alessia Pierdomenico

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Italia bertahan dengan protokol kesehatan yang mewajibkan semua pemain harus dikarantina jika satu saja peman klub Serie A kedapatan positif Covid-19.

Klub-klub Serie A dan asosiasi pemain memperlihatkan ketidaknyamanan mereka dengan sikap pemerintah yang bertahan dengan protokol kesehatan seperti itu meski menyetujui kompetisi dilanjutkan.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mempresentasikan keputusan tersebut dalam konferensi pers pada Minggu (17/5/2020) waktu setempat sebagaimana dilansir Football Italia pada Senin  (18/5/2020) WIB.

Meskipun salah satu masalah telah diatasi yakni petugas medis klub sekarang hanya dianggap bertanggung jawab jika terjadi kesalahan serius atau pelanggaran peraturan dari semula mesti bertanggung jawab jika salah satu pemain mereka kena virus corona, masalah lain tetap ada.

Pemerintah terus menuntut bahwa jika satu pemain atau anggota staf tes positif untuk Covid-19, seluruh kelompok harus masuk ke karantina 15 hari otomatis, ketentuan yang bisa kembali mengganggu kelanjutan kompetisi.

Asosiasi Lega Serie A dan asosiasi pemain mendorong Italia untuk mengadopsi model Jerman dan Spanyol, yang hanya mengisolasi pemain yang kasus positif dan melakukan tes swab pada yang lain.

Seperti yang terjadi, klub Serie A tidak siap untuk memulai sesi pelatihan kelompok. Banyak yang menyatakan bahwa pada Senin 18 Mei, mereka akan memulai pelatihan dalam kelompok-kelompok kecil, tetapi kecenderungannya masih menghindari kontak apa pun sampai situasinya diselesaikan.

Mereka khawatir bahwa musim Serie A bisa dimulai lagi pada 13 Juni hanya untuk segera ditutup kembali jika ada satu kasus positif dengan sikap pemetintah yang bertahan dengan kebijakannya saat ini yang mengarantina semua pemain jika ada satu yang positif corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Italia, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Sumber : Football Italia

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top