Empat Tim Liga Inggris yang Lolos ke Liga Champions Bila...

Bisa dilihat, bahwa Arsenal yang ada di posisi kesembilan klasemen akan diuntungkan bila kompetisi terhenti, karena akan bisa lolos ke Liga Champions.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 April 2020  |  13:51 WIB
Empat Tim Liga Inggris yang Lolos ke Liga Champions Bila...
Mohamed, striker Liverpool - REUTERS/Susana Vera

Bisnis.com, JAKARTA - Liga Inggris, seperti liga-liga lain di Eropa, terancam tak bisa dituntaskan karena pandemi virus corona. Badan sepak bola Eropa (UEFA) sudah menyiapkan pedoman menentukan tiket kualifikasi ke Liga Champions dan Liga Europa musim depan bila hal itu terjadi.

Pedoman itu akan dibicarakan dan diputuskan dalam Sidang Komite Eksekutif, Kamis (23/4/2020). Menurut The Sun, klasemen terkini kompetisi tak akan dipakai bila kompetisi terhenti. Yang akan digunakan untuk menentukan lolos tidaknya ke kompetisi Eropa adalah koefisien klub UEFA.

Koefisien klub dibuat berdasarkan performa tim di Liga Champions dan Liga Europa dalam lima tahun terakhir. Untuk tiap tahapan babak yang dilalui ada poin yang didapat. Makin bagus performa tim, makin tinggi poin yang didapat dan makin tinggi pula posisinya dalam daftar itu.

Penghuni empat besar klasemen Liga Inggris sebelum dihentikan karena pandemi virus Corona adalah Liverpool, Manchester City, Leicester, dan Chelsea. Tim di urutan berikutnya ada Manchester United, Wolverhampton, Sheffield United, Tottenham Hotspur, dan Arsenal. Masih ada 9 pekan yang harus dimainkan.

Bila klasemen ini yang dipakai maka tim yang akan lolos ke Liga Champions adalah Liverpool, Leicester, Chelsea, dan Manchester United. MU akan mengambil posisi Man City yang terkena sanksi tak boleh tampil di Liga Champions.

Namun, bila kompetisi terhenti, komposisi peraih tiket ke Liga Champions akan berbeda. Dalam koefisien klub UEFA terkini, empat tim teratas di Liga Inggris adalah Man City, Liverpool, Manchester United, dan Arsenal. Karena Man City terkena sanksi, maka tiket keempat akan diraih tim di posisi berikutnya, yakni Tottenham.

Bisa dilihat, bahwa Arsenal yang ada di posisi kesembilan klasemen akan diuntungkan bila kompetisi terhenti, karena akan bisa lolos ke Liga Champions. Chelsea, yang ada di zona empat besar, harus gigit jari dan hanya meraih tiket Liga Europa karena hanya ada di urutan keenam daftar koefisien klub UEFA.

Leicester, yang harusnya lolos ke Liga Champions, harus puas dengan tiket Liga Europa bila Liga Inggris terhenti. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Liga Champions, Liga Inggris

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Sumber : Tempo

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top