Menang 3-0 atas Tottenham, Leipzig Lolos ke Perempat Final

Leipzig sukses membukukan agregat 4-0 atas Tottenham. Adapun, tiga pekan lalu mereka mempecundangi lawannya tersebut dengan skor 1-0, di London.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  06:13 WIB
Menang 3-0 atas Tottenham, Leipzig Lolos ke Perempat Final
Penyerang RB Leipzig Timo Werner - Reuters/Matthias Rietschel

Bisnis.com, JAKARTA - Tim asuhan Jose Mourinho, Tottenham Hotspur, harus menerima kenyataan gagal lolos ke perempat final Liga Champions usai dibantai 0-3 oleh RB Leipzig dalam leg kedua putaran 16 besar di Stadion Red Bull Arena Jerman, Rabu dini hari.

Berdasarkan situs resmi Liga Champions yang dikutip Bisnis.com, Rabu (11/3/2020), tim asal Jerman tersebut sukses membukukan agregat 4-0 atas Tottenham. Adapun, tiga pekan lalu mereka mempecundangi lawannya tersebut dengan skor 1-0 di London.

Tottenham yang tampil tanpa diperkuat striker Harry Kane dan Son Heung-Min, karena cedera, justru menampilkan pertahanan yang buruk pada dua babak. Antisipasi kapten Hugo Lloris di bawah mistar gawang yang tak optimal berhasil dikonversi Leipzig menjadi gol.

Pada menit ke-10, Marcel Sabitzer melepaskan tembakan mendatar dan cukup keras, tetapi Lloris memilih untuk menepis alih-alih menangkap bola. Sayangnya, tepisan tersebut tanggung dan membuat bola masih bergulir masuk ke pojok kiri bawah gawang.

Sembilan menis berselang, gawang kiper Timnas Prancis tersebut sempat kebobolan lagi oleh sontekan jarak dekat Timo Werner. Beruntung, penyerang tengah asal Jerman itu sudah dalam posisi offside saat menerima umpan silang dari Angelino.

Namun, keberuntungan tersebut tidak bertahan lama. Pada menit ke-21, Sabitzer berhasil menambah keunggulan Leipzig berkat tandukannya usai menyambut umpan silang Angelino. Sebenarnya, Lloris sudah menepis bola tersebut, tetapi lagi-lagi tidak sempurna dan justru membentur tiang dan memantul ke dalam gawang sendiri.

Ketinggalan dua gol seharusnya mampu melecut semangat tim London Utara tersebut. Namun, perbaikan koordinasi pertahanan tidak diimbangi dengan efektivitas serangan karena hanya Giovani Lo Celso yang sempat mengancam gawang Peter Gulacsi pada menit ke-42.

Absennya dua penyerang Tottenham membuat lini pertahanan Leipzig tidak banyak menerima ancaman pada babak kedua. Justru, tim asuhan Julian Nagelsmann itu mampu menambah golnya pada menit ke-87 melalui Emil Forsberg.

Padahal, Forsberg baru masuk ke dalam lapangan menggantikan Sabitzer. Penyerang asal Swedia ini mencetak gol dengan sentuhan pertamanya, melepaskan tembakan yang mampu melewati hadangan Harry Winks, Ryan Sessegnon, hingga Lloris.

Hingga peluit akhir dibunyikan, barisan depan Tottenham yang terdiri atas Erik Lamela, Dele Alli, dan Lucas Moura tidak berhasil mencetak gol. Tottenham tetap tersingkir sedangkan Leipzig melangkah ke perempat final.

Susunan pemain:
RB Leipzig (3-4-3): Peter Gulacsi; Lukas Klostermann, Dayot Upamecano, Marcel Halstenberg; Nordi Mukiele (Tyler Adams), Marcel Sabitzer (Emil Forsberg), Konrad Laimer, Angelino; Christopher Nkunku (Amadou Haidara), Patrik Schick, Timo Werner
Pelatih: Julian Nagelsmann

Tottenham Hotspur (3-4-3): Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Eric Dier, Japhet Tanganga; Serge Aurier (Malachi Fagan-Walcott), Harry Winks, Giovani Lo Celso (Gedson Fernandes), Ryan Sessegnon; Erik Lamela, Dele Alli, Lucas Moura
Pelatih: Jose Mourinho

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions

Editor : Rio Sandy Pradana
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top