Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Euro 2020, Duo Hazard Antar Belgia Juara Grup I

Belgia memastikan tampil sebagai juara Grup I babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menghantam tuan rumah Rusia dengan skor telak 4 - 1 pada Minggu (17/11/2019) dini hari WIB.
Penyerang sekaligus kapten Timnas Belgia Eden Hazard melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Rusia./Reuters-Anton Vaganov
Penyerang sekaligus kapten Timnas Belgia Eden Hazard melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Rusia./Reuters-Anton Vaganov

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia memastikan tampil sebagai juara Grup I babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menghantam tuan rumah Rusia dengan skor telak 4 - 1 pada Minggu (17/11/2019) dini hari WIB.

Hasil matchday kesembilan tersebut tak memengaruhi kedua tim yang telah dipastikan lolos ke putaran final Euro tahun depan dengan mengisi dua slot teratas klasemen dan hanya menentukan tim yang menjadi juara dan runner-up Grup I.

Dalam pertandingan di St. Petersburg, Hazard mencetak tiga gol, tetapi tidak terjadi hattrick. Hal itu disebabkan Thorgan Hazard membuka keunggulan tamu pada menit ke-19 dan abang kandungnya, Eden Hazard, kemudian mencetak dua gol pada menit ke-33 dan 40.

Pada babak kedua, Romelu Lukaku membawa Belgia unggul empat gol dan tuan rumah hanya mampu memberikan sebiji gol balasan melalui kontribusi Giorgiy Dzhikiya (79’).

Dengan hasil itu, Belgia memastikan tampil sebagai juara grup walaupun setiap tim masih menyisakan satu pertandingan yang akan digelar pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB.

Belgia meraih nilai sempurna 27 karena selalu menang dalam sembila pertandingan yang sudah dijalani, diikuti Rusia 21.

Dua pertandingan matchday kesembilan lainnya di Grup I, tim-tim tamu meraih kemenangan. Skotlandia mengatasi Siprus 1 - 1, sedangkan Kazakhstan menang 3 - 1 di San Marino.

Hasil tersebut menempatkan Skotlandia din posisi ketiga dengan nilai 12, diikuti Siprus dan Kazahstan masing-masing 10, sedangkan San Marino terbenam di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah.

Walaupun hanya berada di peringkat ketiga klasemen sementara, Skotlandia sudah dipastikan lolos ke jalur playoff yang akan memperebutkan empat tiket selain juara dan runner-up 10 grup.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper