Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Euro 2020, Spanyol & Italia Mantap Pimpin Klasemen

Spanyol dan Italia Swiss meraih 3 poin dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 yang menegaskan kepemimpinan mereka di klasemen sementara.
Penyerang Timnas Italia Ciro Immobile./Reuters-Alberto Lingria
Penyerang Timnas Italia Ciro Immobile./Reuters-Alberto Lingria

Bisnis.com, JAKARTA – Spanyol dan Italia Swiss meraih 3 poin dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 yang menegaskan kepemimpinan mereka di klasemen sementara grup masing-masing.

Bermain di Gijon pada Senin (9/9/2019) dini hari WIB, tuan rumah Spanyol melumat Kepulauan Faroe empat gol tanpa balas dengan Rodrigo Moreno dan  Paco Alcacer masing-masing mencetak dua gol.

Dalam pertandingan Grup F itu, Rodrigo membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-15 dan skor 1 - 0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, saat memasuki menit ke-5, dia berhasil menggandakan keunggulan timnya menjadi 2 - 0.

Sementara itu, Alcacer masuk pada menit ke-61 menggantikan Mikel Oyarzabal dan melesakkan dua gol dalam rentang waktu 3 menit pada menit ke-89 dan ketika injury time berjalan 2 menit.

Hasil pertandingan Grup F lainnya, Rumania mengatasi Malta 1 - 0, sedangkan Swedia imbang 1 - 1 kala menjamu Norwegia dalam derby Skandinavia.

Dengan hasil tiga laga itu, Spanyol mantap teratas di klasemen sementara dengan koleksi 18 angka, jauh di atas Swedia di slot kedua dengan nilai 11, diikuti Rumania 10, Norwegia 9, Malta 3, dan Kepulauan Faroe di dasar klasemen tanpa nilai karena selalu kalah di enam pertandingan.

Sementara itu, Italia menundukkan tuan rumah Finlandia di Tampere dengan skor tipis 2 - 1. Seluruh gol dalam pertan dingan Grup J ini terjadi pada 45 menit babak kedua.

Ciro Immobile membuka keunggulan tamu saat laga berjalan 1 jam. Dua gol berikutnya dihasilkan dari penalti. Teemu Pukki membuat skor 1 - 1 dari eksekusi titik putih pada menit 72 dan Italia memulihkan kemenangan menjadi 1 - 2 lewat eksekusi 12 pas Jorginho 7 menit berselang.

Hasil dua laga lain di Grup J, Armenia menaklukkan Bosnia-Herzegovina 4 - 2, sedangkan Yunani seri 1 - 1 melawan Liectenstein.

Dengan hasil tiga laga itu, Italia mantap teratas klasemen sementara demngan nilai 18, diikuti Finlandia 12, Armenia 9, Bosnia 7, Yunani 5, dan Liechtenstein 1.

Di Grup D, Swiss mencatat kemenangan telak 4 - 0 atas Gibraltar, sedangkan Georgia seri 0 - 0 ketika menjamu Denmark.

Hasil dua pertandingan itu, terutama Denmark yang ditahan imbang Georgia, membuat Republik Irlandia, yang sedang tidak bermain karena grup ini hanya dihuni lima tim, tetap di posisi teratas dengan nilai 11, diikuti Denmark 9, Swiss 8, Georgia 4, dan Gibraltar 0.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper