Hasil Kualifikasi Euro 2020, Dua Gol Belotti Menangkan Italia

Andrea Belotti mengemas dua gol saat mengantarkan Timnas Italia mengantongi 3 poin dari Armenia dengan mengalahkan tuan rumah 3 - 1.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 06 September 2019  |  06:01 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020, Dua Gol Belotti Menangkan Italia
Penyerang Timnas Italia Andrea Belotti - Reuters/Alessandro Garofalo

Bisnis.com, JAKARTA – Andrea Belotti mengemas dua gol saat mengantarkan Timnas Italia mengantongi 3 poin dari Armenia dengan mengalahkan tuan rumah 3 - 1 dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 di Stadion Republican, Yerevan, Jumat (6/9/2019) dini hari WIB.

Belotti awalnya menghapuskan keunggulan Armenia yang sempat dimiliki lewat gol Aleksandr Karapetyan, sebelum Lorenzo Pellegrini membawa Italia berbalik unggul dan penyerang Torino itu akhirnya memastikan kemenangan 3 - 1, demikian catatan laman resmi Union of European Assoiations (UEFA).

Hasil itu sekaligus memantapkan posisi tim besutan Roberto Mancini di puncak klasemen Grup J dengan catatan sempurna 15 poin dari lima pertandingan yang sudah dijalani, sementara Armenia (6) tertahan di urutan ketiga.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri Armenia mengambil inisiatif serangan setelah sepak mula dilakukan dan 11 menit laga berjalan publik tuan rumah bersorak menyusul gol Karapetyan.

Berawal dari serangan balik, Tigran Barsgeghyan menyodorkan umpan yang disamut tendangan penuh percaya diri Karapetyan untuk menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma.

Italia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-23, namun kiper Aram Hayrapetyan masih bisa menepis tembakan Federico Bernardeschi.Namun, 5 menit kemudian ia tak bisa berbuat apa-apa ketika umpan silang Emerson berhasil disontek mudah oleh Belotti untuk mengoyak gawangnya.

Kedudukan hampir segera berbalik dalam kurun 2 menit, jika saja tembakan Bernardeschi tak ditolak oleh mistar gawang pada menit ke-29.

Pada menit ke-40, Belotti berhasil menyarangkan bola ke gawang Armenia lagi, tetapi golnya dianulir karena ia berada dalam posisi offside saat Jorginho melepaskan umpan.

Italia lantas mendapat keuntungan besar pada masa injury time babak pertama lantaran Karapetyan menerima kartu kuning kedua dan diusir wasit.

Memasuki babak kedua dengan 10 pemain tak membuat Armenia gugup, mereka malah mengancam gawang Italia pada menit ke-60 lewat sambaran bek Varazdat Haroyan yang masih tipis di atas mistar gawang.

Ketimpangan jumlah pemain akhirnya berhasil dimanfaatkan oleh Italia untuk membalikkan keadaan pada menit ke-77 saat bola umpan silang Leonardo Bonucci berhasil disundul Pellegrini untuk disarangkan ke area tiang jauh.

Belum usai selebrasi para suporter Italia, timnya kembali menambah keunggulan saat Belotti mengamankan umpan kiriman Stefano Sensi, mengecoh penjagaan bek Armenia dan menyelesaikannya dengan tendakan mendatar yang sempat mengenai tiang namun memantul di punggung Hayrapetyan.

Belotti melakukan selebrasi pada masa injury time usai menganggap telah mencapai trigol dengan menyontek umpan silang Pellegrini, namun golnya dianulir karena dianggap berada dalam posisi offside padahal tayangan ulang memperlihatkan ia aman.

Gli Azzurri selanjutnya akan melawat ke Finlandia untuk laga penyisihan keenamnya pada Minggu (8/9/2019).

Sementara itu, di dua laga lain di Grup J, Finlandia dan Bosnia-Herzegovina juga berhasil mencatat kemenangan yang membuat keduanya menguntit Italia di posisi kedua dan ketika klasemen sementara.

Bermain di Stadion Ratinan di Tampere, tuan rumah Finlandia meraup poin penuh berkat gol semata wayang penyerang klub Liga Primer Inggris Norwich City Teemu Pukki dari titik penalti ketika babak kedua berjalan 7 menit.

Sementara itu, Bosnia menggebuk tamunya Liechtestein di Stadion Bilino Polje di Zenica dengan skor telak lima gol tanpa balas.

Hingga rehat, Bosnia baru unggul satu gol lewat Amer Gojak pada menit ke-11. Namun, pada babak kedua, empat gol tambahan digelontorkan tuan rumah hanya bdalam 9 menit.

Pemain Liechtenstein Andreas Malin membuat gol bunuh diri pada menit ke-80 dan Bosnia kemudian memanfaatkan mental tamu yang ambrik dengan gol-gol dari Edin Dzeko (85’), Edin Visca (87’), dan Amer Gojak kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89.

Posisi klasemen sementara setelah Italia di posisi teratas dengan nilai 15 ialah Finlandia 12, Bosnia 7, Armenia 6, Yunani 4, Liechtenstein 0.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas italia, Euro 2020

Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top