Hasil Liverpool Vs Tottenham: Gol Salah Bawa Liverpool Memimpin (Menit 20)

Hasil Liverpool Vs Tottenham: Gol Salah Bawa Liverpool Memimpin (Menit 20)
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 02 Juni 2019  |  02:29 WIB
Hasil Liverpool Vs Tottenham: Gol Salah Bawa Liverpool Memimpin (Menit 20)
Striker Liverpool, Mohamed Salah saat mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur di final Liga Champions - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Pertandingan final Liga Champions, Liverpool vs Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari hingga menit ke-20, Liverpool masih unggul 1-0.

Gol Liverpool dicetak Mohamed Salah lewat sepakan penalti di menit ke-2.

Liverpool langsung menciptakan start sempurna setelah unggul di menit ke-2 lewat eksekusi penalti Mohamed Salah. Penalti ini terjadi setelah Mousa Sissoko melakukan hands ball saat menghalau bola sodoran Sadio Mane di detik 28.

Setelah gol ini, Tottenham yang baru pertama kali lolos ke final Liga Champions langsung menekan pertahanan Liverpool yang dikomandoi Virgil van Dijk. Harry Kane yang baru sembuh dari cedera jadi tumpuan Tottenham dalam menjebol gawang Liverpool yang dijaga Alisson Becker.

Meski demikian belum ada serangan dari Tottenham yang berbahaya hingga pertengahan babak pertama.

Trent Alexander Arnold menciptakan peluang di menit ke 15 namun sepakan bek kanan Liverpool itu masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Tottenham yang dijaga Hugo Lloris.

Hingga menit 20 babak pertama, skor Tottenham vs Liverpool tetap 0-1.

Susunan pemain Liverpool Vs Tottenham, Final Liga Champions:

Liverpool:

Tottenham:

Data fakta final Liga Champions, Liverpool vs Tottenham:

1. Laga final ini akan menjadi edisi ke-64 kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa. Dalam sejarahnya, Real Madrid paling sering tampil di final, yakni 16 kali. Mereka menang 13 kali dan jadi runner-up tiga kali. Tim berikutnya yang sering lolos ke final adalah AC Milan (11 kali, 7 kali juara).

2. Liverpool pernah 8 kali ke final, termasuk musim lalu. Mereka 5 kali juara dan 3 kali jadi runner-up. Mereka terakhir kali juara pada 2005. Tottenham baru pertama kali lolos ke final.

3. Wanda Metropolitano adalah kandang Atletico Madrid. Stadion ini berkapasitas 67 ribu tempat duduk dan baru rampung direnovasi pada September 2017. Pemilihan tuan rumah, untuk pertama kalinya, memakai sistem bidding.

4. Secara keseluruhan, Liverpool dan Tottenham pernah bertemu 170kali. Liverpool menang 79 kali dan Tottenham menang 48 kali. Di level Eropa, keduanya baru bertemu di semifinal UEFA Cup 1972/73. Liverpool menyingkirkan Tottenham lewat gol tandang dalam agregat 2-2 (1-0 kandang, 1-2 tandang).

5. Di Liga Inggris musim ini, Liverpool finis kedua dan Tottenham finis keempat. Musim ini, dalam dua pertemuan di arena domestik, Liverpool terus menang dengan skor sama: 2-1.

6. Tottenham dan Liverpool sama-sama melakukan aksi comeback spektakuler di semifinal. Tottenham menang 3-2 di kandang Ajax lewat hat-trick Lucas Moura untuk memastikan diri lolos ke final melalui keunggulan gol tandang dalam agregat 3-3. Sementara itu, Liverpool menjungkalkan Barcelona dengan agregat 4-3 usai menang 4-0 lewat brace Divock Origi dan Georginio Wijnaldum pada leg kedua di Anfield.

7. Ini akan menjadi final Liga Champions ke-7 antara dua klub senegara. Enam yang sebelumnya adalah Real Madrid vs Valencia (2000), AC Milan vs Juventus (2003), Manchester United vs Chelsea (2008), dan Real Madrid vs Atletico Madrid (2014, 2016). Manchester United vs Chelsea di Moskow 2008 adalah satu-satunya all-English final sebelum ini.

8. Tottenham adalah klub ke-40 berbeda yang mencapai final European Cup /Liga Champions, dan finalis baru pertama sejak Chelsea 2008. Tottenham bisa menjadi klub ke-23 yang menjuarai European Cup /Liga Champions, dan nama baru pertama di trofi sejak Chelsea 2012.

9. Gol terbanyak untuk Tottenham di Liga Champions musim ini: Harry Kane, Lucas Moura (masing-masing 5). Assist terbanyak untuk Tottenham di Liga Champions musim ini: Christian Eriksen (4).

10. Sadio Mane mencetak 13 gol dalam 16 penampilan terakhirnya untuk Liverpool di semua kompetisi. Gol terbanyak untuk Liverpool di Liga Champions musim ini: Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (masing-masing 4). Assist terbanyak untuk Liverpool di Liga Champions musim ini: Trent Alexander-Arnold (3).

11. Rekor Mauricio Pochettino vs Liverpool: 3 kali menang, 4 kali seri, 7 kali kalah. Rekor dia vs Jurgen Klopp: 1 kali menang, 4 kali seri, 4 kali kalah. Rekor Jurgen Klopp vs Tottenham: 4 kali menang, 4 kali seri, 1 kali kalah. Rekor Klopp vs Mauricio Pochettino: 4 kali menang, 4 kali seri, 1 kali kalah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga champions, Liverpool, tottenham

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup