Ajax Amsterdam Resmi Juara Liga Belanda 34 Kali

Ajax Amsterdam resmi menjadi juara Eredivisie untuk ke-34 kali sepanjang sejarah sejak kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda itu digulirkan perdana 131 tahun silam.
M. Syahran W. Lubis | 16 Mei 2019 03:25 WIB
Ajax Amsterdam juara Eredivisie Belanda 34 kali. - Twitter@AFCAjax

Bisnis.com, JAKARTA – Ajax Amsterdam resmi menjadi juara Eredivisie untuk ke-34 kali sepanjang sejarah sejak kompetisi teratas dalam sistem sepak bola Belanda itu digulirkan perdana pada 1888 atau 131 tahun silam.

Ajax “resmi” menjadi juara Eredivisie musim 2018-2019 ini setelah dalam pertandingan pekan terakhir pada Kamis (16/5/2019) dini hari WIB melumat De Graafschap dengan skor telak 4 - 1.

Sebenarnya Ajax dapat dikatakan sudah 99,99 persen juara setelah pada matchday ke-33 pada Minggu (12/5/2019) malam WIB menghantam Utrecht dengan skor juga 4 - 1 dan pada saat bersamaa, rival terdekatnya PSV Eindhoven justru takluk 0 - 1 dari AZ Alkmaar.

Dengan hasil dua pertandingan matchday ke-33 itu, posisi Ajax untuk menjadi juara sangat besar, karena kalau pun PSV menang di pekan terakhir dan pada saat yang sama Ajax kalah, dengan poin yang sama, Ajax tetap tampil sebagai juara berkat keunggulan selisih bgol yang sangat mencolok.

Dalam pertandingan yang di Stadion De Vijverberg di Doetinchem, keempat gol Ajax ke gawang tuan rumah dilesakkan Lasse Schone (37’), Nicolas Tagliafico (44’), serta Dusan Tadic pada menit ke-67 dari titik penalti dan menit 87.

De Graafschap hanya mampu melesakkan sebiji gol melalui Yussuf El Jebli 5 menit menjelang babak pertama berakhir yang sempay menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1 sebelum Ajax menggelontorkan tiga gol yang mengakhir laga dengan skor 1 - 4.

Pada saat yang sama, PSV Eindhoven, juara musim lalu, juga mencatat kemenangan yakni dengan skor 3 - 1 atas tamunya Heracles Almelo di Stadion Philips.

Heracles unggul lebih dahulu lewat aksi Joey Konings, yang justru merupakan eks-pemain Jong PSV, ketika pertandingan baru berjalan 24 detik. Namun, PSV membalas tiga gol melalui bunuh diri pemain Heracles Wout Droste (32’), Nick Viergever (48’), dan Donyell Malen (89’).

Meski menang, PSV dipastikan gagal mempertahankan gelar dan finis di peringkat kedua dengan nilai 83, berjarak 3 angka di belakang Ajax Amsterdam yang masih berpesta juara ketika berita ini ditayangkan.

Hasil lengkap pekan terakhir: Utrecht 3 vs Heerenveen 1; NAC Breda 0 vs PEC Zwolle 0; PSV Eindhoven 3 vs Heracles Almelo 1; Fortuna Sittard 1 vs Feyenoord Rotterdam 4; Excelsior 4 vs AZ Alkmaar 2; De Graafschap 1 vs Ajax Amsterdam 4; VVV Venlo 1 vs Vitesse Arnhem 3; ADO Den Haag 6 vs Willem II Tilburg 2; Emmen 1 vs Groningen 0.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ajax, eredivisie

Sumber : Reuters & Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup